ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111) RANGKUMAN MODUL 9


BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017

NAMA : CATUR KISWANA PUTRA

NIM : 021812568


ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI 



MODUL 9:
 
MANAJEMEN DI MASA DEPAN

Prof. Dr. H. Rusli Ramli, M. S

PENDAHULUAN

Setelah kita mempelajari teori dan praktik pembuatan keputusan, dan sebelum mengakhiri modul Asas – Asas Manajemen ini, tentunya kita tidak dapat melepaskan diri dengan kemajuan – kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT) yang sedang berlangsung pada saat kini dan seterusnya. TIK (ICT) merupakan salah satu daya dukung utama dalam kemajuan organisasi manajemen yang secara meluas dalam dunia bisnis. Modul 9 ini akan membawa Anda untuk lebih memahami pengaruh TIK (ICT) pada pekerjaan manajerial maupun organisasi. 


Apakah dengan penggunaan TIK (ICT) secara meluas akan menimbulkan pengangguran di lingkungan pekerja administrasi kantor ataukah TIK (ICT) dapat menggantikan tugas pekerjaan manajer sebagai pembuat keputusan. 

Kalau hal-hal ini berlangsung, sedangkan di lain pihak kemajuan TIK (ICT) pun terus berkembang, apakah manajemen di masa depan akan mengambil bentuk yang lain daripada manajemen pada masa sekarang ? Modul terakhir ini juga mencoba untuk mengantisipasi masalah-masalah manajemen pada masa yang akan dating.

Apabila Modul 8 membahas tentang teori dan praktek pembuatan keputusan yang merupakan kegiatan utama manajer maka di dalam Modul 9 atau modul terakhir dari Asas-asas Manajemen ini Anda akan dibawa untuk merenungkan lebih jauh apakah peranan dan tugas pekerjaan manajer akan berubah dengan penggunaan TIK (ICT) di dalam organisasinya. Apakah perubahan-perubahan ini untuk masa tertentu saja ataukah akan terjadi perubahan yang lebih dahsyat ? Ini semuanya akan diuraikan pula pada modul ini, yaitu pada kegiatan belajar yang terakhir, “Manajemen di Masa yang Akan Datang”.


Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan secara umum dapat mengerti bahwa pengembangan manajemen di masa depan banyak dipengaruhi oleh kemajuan TIK (ICT). Secara lebih khusus, Anda diharapkan pula dapat menjelaskan pengaruh TIK (ICT) pada pekerjaan yang dihadapi para manajer.

KEGIATAN BELAJAR 1 : 
PENGARUH TIK (ICT) PADA PEKERJAAN MANAJERIAL MAUPUN ORGANISASI

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Bagaimana pengaruh komputerisasi atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) terhadap pengangguran ? Jelaskan jawaban Anda !
2) Bagaimana pula pengaruh komputerisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) terhadap isi pekerjaan (job content) serta pengaruhnya terhadap struktur organisasi ?
3) Dalam hal apa kerja computer perlu disentralisasikan ?
4) Apa yang dimaksud dengan “feasibility study” ?

RANGKUMAN

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) walaupun dapat melakukan beberapa tipe pekerjaan dengan sangat cepat dan lebih akurat daripada yang dilakukan manusia, tetapi belum menimbulkan pengangguran yang luas, sekalipun di antara pekerja administrasi kantor (clerical workers) yang pekerjaannya paling mungkin diambil alih oleh komputer. Kendatipun ramalannya begitu kontras, pekerjaan manajemen tingkat menengah tidaklah lenyap, bahkan bertambah banyak. Alasan utamanya adalah bahwa jumlah pekerjaan dalam kedua kategori di atas (Clerical Workers dan Middle Managers) terus bertambah dan jauh lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan yang harus dihapuskan dengan datangnya TIK (ICT).


Tidak ada bukti bahwa pekerjaan manajemen tingkat menengah menjadi lebih rutin, walaupun di dalam beberapa kasus terdapat manajer yang berkurang kesempatan untuk menentukan langkahnya maupun memutuskan metodenya sendiri. Kebanyakan manajer menengah yakin bahwa pekerjaan mereka sekarang memerlukan lebih banyak keterampilan (skill) dan pertimbangan (judgment) dibandingkan sebelum adanya komputerisasi. Pengaruh terhadap organisasi juga sedikit sekali, walaupun pada suatu kasus, satu peringkat (level) manajemen telah dilenyapkan atau dihilangkan.


Ahli-ahli TIK (ICT) masih belum mempunyai pengaruh terhadap pucuk pimpinan (top management), tetapi status mereka dalam organisasi telah bertambah baik, di samping itu juga “Communication Gap” antara ahli computer dan pucuk pimpinan (top management) telah menyempit dalam beberapa hal.

TES FORMATIF 1

1) Banyak orang meramalkan bahwa semakin meluasnya penggunaan TIK (ICT) di dunia bisnis mengakibatkan meluasnya pengangguran di kalangan tenaga .....
A. administrasi kantor C. ahli
B. lapangan (tenaga teknis) D. pimpinan
Jawab : C
Karena computer akan mengerjakan sedemikian banyak tugas-tugas rutin dari pegawai administrasi kantor.

2) Digunakannya TIK (ICT) oleh perusahaan untuk menangani sebagian dari kegiatan pekerjaan kantornya walaupun kadang-kadang biaya per unit jauh lebih mahal, biasanya disebabkan karena .....
A. terlalu banyaknya dokumen yang harus dikerjakan
B. tidak cukupnya karyawan administrasi yang tersedia
C. dapat mempercepat proses penyelesaian pekerjaan
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena penggunaan computer walaupun biaya penggunaan per unitnya lebih mahal dari sebelum digunakan computer, tetapi untuk mengerjakan dokumen yang terlalu banyak serta dapat lebih cepat di samping karyawan administrasi yang tidak cukup tersedia, maka penggunaan computer akan mempercepat pelayanan.

3) Kekhawatiran terjadinya pengangguran tenaga administrasi kantor karena digunakannya TIK (ICT) secara luas, tidak akan menjadi kenyataan disebabkan karena .....
A. pekerjaan perkantoran (paper work) dari tahun ke tahun bertambah banyak
B. perluasan kegiatan bisnis yang terus meningkat, sehingga dapat menyerap tenaga administrasi.
C. masih banyak perusahaan yang belum mempunyai tenaga administrasi kantor secara lengkap
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena pekerjaan perkantoran dari tahun ke tahun bertambah banyak, bergandengan dengan perluasan usaha niaga (bisnis) sehingga dapat menyerap tenaga administrasi kantor.

4) Computocracy diartikan sebagai suatu keadaan, di mana .....
A. komputer digunakan di mana saja untuk berbagai hal
B. ahli-ahli komputer akan menguasai atau mengambil alih banyak tugas-tugas pokok pucuk pimpinan (top management), karena mereka dapat melakukan identifikasi masalah serta pemecahan masalah dengan cepat dan akurat
C. sistem pemerintahan pada negara-negara di dunia yang menggunakan komputer
D. jawaban A, B, dan C salah
Jawab : B
Karena komputerisasi adalah suatu keadaan, di mana ahli-ahli komputer akan menguasai atau mengambil alih banyak tugas-tugas pokok pucuk pimpinan (top management).

5) Selama masa transisi pada waktu komputer mulai dipasang untuk digunakan dalam perusahaan, pekerjaan manajer tingkat menengah dan manajer tingkat rendah, biasanya meningkat dengan .....
A. kegiatan tambahan yang berupa pelajaran tentang komputer
B. kegiatan membantu programmer komputer
C. kegiatan yang bersifat human relations dalam hal pembinaan petugas / karyawan melalui pemindahan serta latihan
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Sebab selama masa transisi tersebut, manajer tingkat menengah (middle manager) harus aktif mempelajari tentang komputer, membantu programmer, serta banyak terlibat dengan kegiatan human relations dalam hal pembinaan petugas / karyawan melalui pembinaan dan latihan.

6) Pengaruh utama pada pekerjaan manajer tingkat menengah dalam bagian yang memakai komputer, adalah .....
A. lenyapnya tugas pembuatan keputusan
B. bertambahnya tugas-tugas motivasi dan koordinasi
C. berkurangnya tugas-tugas motivasi dan koordinasi
D. jawaban A, B, dan C salah
Jawab : C
Karena menurut Prof. Roger C Vergin pengaruh utama penggunaan komputer pada pekerjaan manajemen menengah bukan lenyapnya tugas pembuatan keputusan, tetapi berkurangnya tugas-tugas motivasi dan koordinasi, disebabkan jumlah bawahan dalam bagian mereka telah berkurang karena pekerjaan administrasi kantor yang dilakukan oleh banyak bawahan telah dialihkan pada komputer.

7) Profesor Hak Chong Lee menyimpulkan bahwa komputer cenderung untuk .....
A. meningkatnya pekerjaan manajer
B. memperketat lingkungan kerja
C. membatasi atau menetapkan penyelesaian tugas dalam waktu tertentu
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena Prof. Rak Chong Lee menyimpulkan bahwa komputer cenderung meningkatkan pekerjaan manajer, namun memperketat lingkungan kerja dengan membatasi atau menetapkan penyelesaian tugas dalam waktu tertentu.

8) Penggunaan komputer mempunyai dampak terhadap struktur organisasi, berupa .....
A. struktur organisasi menjadi datar
B. struktur organisasi tidak diperlukan lagi
C. struktur organisasi bertambah rumit
D. jawaban A, B, dan C salah
Jawab : D
Karena dengan penggunaan komputer tidak terbukti bahwa struktur organisasi menjadi dasar atau bertambah rumit, tetapi struktur organisasi masih diperlukan seperti pada masa sebelum komputerisasi.

9) Kesenjangan komunikasi (communication gap) sehubungan dengan komputerisasi sering terjadi antara .....
A. pucuk pimpinan (top manager) dengan pimpinan menengah (middle manager)
B. pucuk pimpinan (top manager) dengan ahli komputer
C. pimpinan menengah (middle manager) dengan pimpinan rendah (lower manager)
D. pimpinan menengah (middle manager) dengan ahli komputer
Jawab : B
Sebab communication gap yang masih sering terjadi adalah antara top manajer dengan ahli komputer.

10) Pada survei yang dilakukan oleh Ernest Dale tentang pengaruh komputer di dalam manajemen, ternyata .....
A. informasi yang lengkap dan cepat hanya cocok untuk pembuatan keputusan jangka pendek saja
B. informasi yang lengkap dan cepat tidak dapat memudahkan pembuatan keputusan jangka panjang
C. informasi yang lengkap dan cepat dapat menyukarkan, karena bertimbunnya informasi, sedangkan yang diperlukan sebenarnya informasi / data yang telah diringkaskan
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Sebab dengan komputerisasi walaupun informasi lebih lengkap dan cepat, tetapi top management tidak dapat membuat semua keputusan untuk maksud jangka panjang, serta tidak cukup waktu untuk menggunakan seluruh informasi yang telah ada, sering mereka ditimbuni informasi dan laporan yang menumpuk. Demikian pula halnya dengan terlalu cepatnya informasi dipancarkan, sering kali menyebabkan terlalu besarnya penekanan untuk masalah-masalah pengembangan jangka pendek saja dan bukan yang bersifat jangka panjang.

KEGIATAN BELAJAR 2 : 
MANAJEMEN DI MASA YANG AKAN DATANG

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Mengapa lebih banyak kesempatan bagi perusahaan kecil untuk lebih berkembang di masa depan daripada sekarang ?
2) Apakah mungkin komputer dapat memecahkan persoalan human relations ? Jika mungkin jelaskan, demikian pula jika tidak mungkin harap dijelaskan pula !
3) Apakah di masa depan diperlukan pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah terhadap dunia bisnis ? Jelaskan jawaban Anda !
4) Bagaimana fungsi-fungsi manajemen di masa depan ? Jelaskan dengan singkat !
5) Apa perbedaan yang mendasar antara manajer masa depan dengan manajer masa sekarang ? Berikan ulasan Anda !

RANGKUMAN

Perusahaan-perusahaan besar yang terus bertumbuh pada masa sekarang perlu dipertanyakan apakah dapat demikian seterusnya, berhubung adanya ketidakfleksibilitasan, kurangnya koordinasi, dan lemahnya semangat kerja. Pada kasus yang lain kesempatan bagi perusahaan kecil barangkali untuk masa depan tidak akan berkurang atau menurun, mengingat adanya kelebihan-kelebihan pada perusahaan kecil bila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar.


Dua kecenderungan yang terus berlanjut adalah ke arah otomasi (automation) dan komputerisasi. Otomasi pada akhirnya memungkinkan perpendekan jam kerja dan ada beberapa yang meramalkan bahwa computer akhirnya dapat menyelesaikan semua masalah manajemen, bahkan di lapangan human relations, tetapi hal ini masih sangat diragukan untuk menjadi kenyataan. 


Peraturan pemerintah tentang industri tidak akan banyak berubah dan bahkan lebih diintensifkan, terutama pada waktu depresi. Peningkatan peraturan pemerintah mengenai serikat pekerja agaknya akan hilang kekuatannya, kecuali mereka dapat mengorganisasi pekerja kerah putih (white collar workers) yang jumlahnya semakin membengkak pada masa depan.

Manajer di masa depan akan memerlukan berbagai pengetahuan jauh lebih banyak daripada manajer sekarang, khususnya dalam matematika. Walaupun beberapa keputusan yang sekarang dibuat mungkin dapat dirutinisasikan melalui penggunaan computer, namun pembuatan keputusan oleh manusia masih tetap diperlukan.


TES FORMATIF 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Kesenjangan (gap) yang terjadi antara apa yang “diinginkan / diperlukan” dengan apa “yang mungkin / ada”, hanya dapat dicarikan jalan keluarnya tanpa harus mengubah rencana adalah melalui .....
A. teknis dan pelaksanaan
B. penambahan anggaran / dana
C. inovasi
D. jawaban A, B, dan C salah
Jawab : C
Karena hanya dengan inovasi, apakah yang bersifat kecil atau yang bersifat besar akan merupakan jalan keluar untuk menutup kesenjangan (gap) tadi.

2) Pengawasan dari pemerintah terhadap dunia bisnis mutlak diperlukan karena .....
A. mencegah terjadinya persaingan tidak sehat di kalangan dunia bisnis
B. mencegah terjadinya perlakuan yang didasarkan hanya dari keputusan-keputusan pribadi atau privat terhadap tenaga kerja
C. pemilik modal terbesar adalah pemerintah dan mampu membiayai proyek yang memerlukan investasi yang besar
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena jawaban A, B, dan C lah yang menyebabkan mengapa perlu adanya pengawasan dari pemerintah terhadap dunia bisnis.

3) Unionisasi lebih cenderung terjadi di lingkungan pekerja .....
A. white collar C. industri berat
B. blue collar D. industri menengah
Jawab : A
Karena di masa depan angkatan kerja white collar terus bertambah besar jumlahnya sehingga akan tinggi persentase dari jumlah / total angkatan kerja seluruhnya. Akibatnya, cenderung menghimpun dirinya menjadi Union (perseikatan kerja).

4) Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya, sering mengalami kesulitan di masa depan karena .....
A. kurang fleksibel C. semangat kerja yang rendah
B. kesulitan dalam koordinasi D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena perusahaan besar, banyak kesulitan di dalam hal kurangnya fleksibilitas, sukarnya koordinasi serta semangat kerja yang rendah.

5) Perusahaan-perusahaan kecil pada umumnya mempunyai kelebihan dalam hal .....
A. fleksibilitas yang tinggi C. semangat kerja yang tinggi
B. koordinasi lebih mudah D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena perusahaan kecil, kebalikan dari perusahaan besar, biasanya mempunyai kelebihan yang berupa : fleksibilitas tinggi, koordinasi mudah dan semangat kerja tinggi.

6) Dalam keadaan depresi atau keadaan meleset, sangat diperlukan campur tangan pemerintah misalnya dalam bentuk pengawasan yang ketat terhadap .....
A. kompensasi pengangguran
B. kebijakan tingkat bunga bank
C. pajak-pajak
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena dalam keadaan depresi, pemerintah perlu menjaga stabilitas dalam masyarakat. Oleh sebab itu, pengawasan yang ketat dilakukan terhadap hal-hal seperti kompensasi pengangguran, kebijakan tingkat bunga bank maupun pajak-pajak.

7) Manajer masa depan perlu sekali dibekali lebih banyak bidang pengetahuan daripada manajer masa sekarang, agar tidak didikte oleh ahli operation research, maka para manajer perlu memahami .....
A. sosiologi C. psikologi
B. matematika D. antropologi
Jawab : B
Karena di bidang operation research diperlukan pengetahuan matematika yang cukup sehingga manajer dapat mempertimbangkan saran atau nasihat dari ahli operation research apabila ia mengetahui matematika yang cukup.

8) Penggunaan komputer akan mengakibatkan terjadinya kemajuan terbesar dalam salah satu tugas pekerjaan manajer yang berhubungan dengan ...
A. pengorganisasian C. representasi
B. pengawasan D. inovasi
Jawab : B
Karena komputer dapat digunakan untuk tugas pekerjaan yang berkaitan dengan pengawasan.

9) Fungsi pengarahan (direction) yang mungkin terjadi dalam tugas pekerjaan manajer di masa depan, antara lain .....
A. hubungan atasan dan bawahan bersifat lebih demokrasi dibandingkan sekarang
B. sikap otoriter terhadap bawahan akan berkurang
C. atasan mendorong para bawahan sebagai orang yang sama-sama sosialnya
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena fungsi pengawasan di masa depan cenderung mengalami apa yang terdapat dalam jawaban A, B, dan C.

10) Perbedaan yang mendasar antara manajer masa depan dengan manajer masa sekarang terletak pada .....
A. manajer masa depan memerlukan latar belakang pengetahuan yang lebih banyak di dalam berbagai bidang yang luas dibandingkan manajer masa sekarang
B. manajer masa depan harus memiliki kemampuan intuisi yang lebih dibandingkan manajer masa sekarang
C. manajer masa depan lebih banyak menjalankan fungsi inovasi dibandingkan dengan manajer masa sekarang
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Karena jawaban A, B, dan C pada pertanyaan nomor 10 merupakan perbedaan yang mendasar antara manajer masa depan dan manajer masa kini / sekarang.

DAFTAR PUSTAKA

Dale, Ernest (1969) Management : Theory & Practice. New York : Mc. Graw Hill Company
Harold Koontz. Cyrill O’Donnell. And Heinz Weihrich. (1984). Management. New York : Mc Graw Hill Book Company.

RINGKASAN BUKU

BMP ISIP 4111 Asas-Asas Manajemen menyajikan materi mengenai Manajemen dan Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan Manajemen. Perencanaan, Pengorganisasian, Aktivasi Manajemen, Pengawasan Inovasi dan Resentasi, Teori dan Praktik Pembuatan Keputusan, serta Manajemen Di Masa Depan.

SUMBER :
Prof. Dr. Rusli Ramli; Ir. Sri Yumiati Koes Hardini, M.Si; 2013; Materi Pokok Azas-Azas Manajemen; Modul 1 – 9; ISIP 4111; 3 sks; Cet. 6; Ed. 1; Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.

0 komentar: