BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN (PUST2227)
KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017
NAMA : CATUR KISWANA PUTRA
NIM : 021812568
ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA
BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI
Jenis Perpustakaan & Lembaga Informasi Lainnya
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TIMBULNYA BERBAGAI JENIS PERPUSTAKAAN
1.Tanggapan (respons) thd berbagai jenis materi perpustakaan: mis. buku, majalah, film, rekaman suara, dan sejenisnya.
2.Tanggapan thd keperluan informasi berbagai kelompok pembaca: mis. anak, pelajar, mahasiswa, peneliti, ibu rumah tangga. dan sejenisnya.
3.Tanggapan yang berlainan thd spesialisasi subjek, termasuk ruang lingkup subjek serta rincian subjek yg bersangkutan.
JENIS PERPUSTAKAANBerdasarkan ketentuan Perundang-undangan ada
5 jenis perpustakaan :
1.Perpustakaan Nasional
2.Perpustakaan Umum
3.Perpustakaan Khusus
4.Perpustakaan Sekolah
5.Perpustakaan Perguruan Tinggi
PENJELASAN
1. Perpustakaan Nasional
Definisi perpustakaan nasional berdasarkan konferensi
umum UNESCO ke-16 tahun 1970, adalah:
- perpustakaan yg bertanggung jawab atas akuisisi dan pelestarian semua copy terbitan yang signifikan yang diterbitkan di sebuah negara dan berfungsi sbg perpustakaan deposit, baik berdasarkan undang-undang maupun kesepakatan lain, dengan tidak memandang nama perpustakaan .
- Perpusnas scr umum menjalankan fungsi spt menyusun bibliografi nasional, menyimpan & memutakhirkan koleksi asing yg besar & representatif termasuk buku mengenai negara ybs, bertindak sbg pusat bibliografi nasional, menyusun katalog induk, menerbitkan bibliografi nasional retrospektif.
Fungsi utama Perpusnas :
1.Mengumpulkan & melestarikan literatur nasional dg sasaran selengkap mungkin. (menyimpan semua materi perpustakaan yg tercetak & terekam yg diterbitkan di suatu negara.
- UU No. 4/1990 ttg serah Simpan Karya Cetak &
Karya Rekam
- Perda No. 12/2005
2.Menerbitkan bibliografi nasional .
Merupakan tindak lanjut fungsi yg pertama & di Ind. “Bibliografi Nasional Indonesia” yg mencatat semua terbitan di Indonesia.
3.Melaksanakan jasa pinjam antar perpustakaan.
Tujuannya: memungkinkan seorang pemakai di sebuah kota membaca buku yg dimiliki perpustakaan lain walaupun perpustakaan tempat dimana dia tinggal tidak memiliki buku tersebut.
4.Bertindak sbg jasa informasi bibliografis nasional.
Bertugas menjawab pertanyaan menyangkut informasi bibliografis.
5.Menerbitkan atau menunjang penerbitan bibliografi khusus, mis. Bibliografi tentang karet Indonesia & Gunung Merapi.
Fungsi yang diinginkan :
1.Bertindak sbg pusat litbang dlm pekerjaan perpust. & infor.
2.Menyediakan diklat dlm pekerjaan perpust. & informasi.
3.Bertindak sbg pusat perencanaan bg perpust. sebuah negara.
Fungsi yang dimungkinkan :
1.Bertindak sbg pusat pertukaran materi perpust. antar perpust.
2.Menyediakan jasa perpust. khusus utk lemb. pemerintah.
3.Bertindak sbg museum buku.
2. Perpustakaan Umum
•Definisi Perpustakaan Umum menurut IFLA General Conference (1985) adl:
Sebuah perpustakaan yang didirikan atau dibiayai oleh pemerintah daerah atau dlm kasus tertentu oleh pemerintah pusat atau badan lain yg diberi wewenang untuk bertindak atau bertindak atas nama badan, tersedia bg masy. Bg siapa yg ingin menggunakannya tanpa bias atau diskriminasi.
—Definisi Perpustakaan Umum menurut IFLA General Conference (1986) adl:
- Perpustakaan yg melayani penduduk secara gratis atau dengan pungutan bayaran yg minimal & pengelolaannya dibiayai oleh pemerintah atau swasta.
Ciri-ciri Perpustakaan Umum
1.Terbuka untuk umum
2.Dibiayai oleh dana umum.
3.Jasa yg diberikan pada hakekatnya bersifat cuma-cuma.
Kelompok Perpustakaan Umum
- P. Kota; P umum kabupaten; P. umum kecamatan; P. desa; P. utk masy yg butuh media khusus; P. utk masyarakat. yg bth koleksi khusus krn faktor usia; P. keliling; dan P. komunitas.
3. Perpustakaan Khusus
•Adalah koleksi fisik informasi, pengetahuan dan/atau opini yg terbatas pada satu subjek atau sekelompok subjek yg berkaitan atau pada sebuah format tunggal produk informasi atau sekelompok format yg berhubungan; dikelola dibawah payung sebuah lembaga yg menyediakan dana utk kelanjutan hidup perpustakaan; dikelola oleh seorang pustakawan atau spesialis dlm sebuah subjek atau lebih; serta membawa misi memperoleh, mengorganisasi dan menyediakan akses ke informasi & pengetahuan guna menunjang tujuan badan induk yg membawahi perpustakaan.
Ciri-ciri Perpustakaan khusus :
1.Memiliki buku yg terbatas pada satu atau beberapa disiplin ilmu saja.
2.Keanggotaan terbatas pd sejumlah anggota yg ditentukan oleh kebijakan perpustakaan atau kebijakan badan induk tempat perpustakaan tersebut.
3.Peran utama Pustakawan ialah melakukan penelitian kepustakaan untuk anggota.
4.Tekanan koleksi bukan pada buku (dlm arti sempit), melainkan pada majalah, pamflet, paten, laporan penelitian, abstrak, & indeks krn jenis2 tersebut umumnya berisi informasi lebih mutakhir dibandingkan buku.
5.Jasa yg diberikan lebih mengarah kepada minat anggota perorangan
4. Perpustakaan Sekolah
—Adalah perpustakaan yg berada pada lembaga pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yg merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yg bersangkutan & merupakan pusat sumber belajar untk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yg bersangkutan.
Jenis-jenis Perpustakaan sekolah
—- Sekolah Dasar (SD) & Madrasah Ibtidaiyah (MI)
—- Sekolah Menengah Pertama (SMP) & MTs
—- Sekolah Menengah Atas (SMA), MAN, SMK, MAK
Tujuan Perpustakaan Sekolah :
—Membantu memperkuat tujaun pendidikan sbgmn digariskan dlm misi & kurikulum sekolah;
—Mengembangkan & memperkuat kebiasaan & kegemaran membaca & belajar pd murid serta penggunaan perpustakaan sepanjang hayat;
—Memberikan kesempatan utk memperoleh pengalaman dlm menciptakan & menggunakan infor. utk pengetahuan, pemahaman, imajinasi & keceriaan;
—Membantu murid dlm pembelajaran & ketrampilan menilai serta menggunakan informasi.
—Menyediakan akses ke sumber informasi lokal, regional, nasional dan global serta kesempatan yg mengekspos murid pd gagasan, pengalaman, & opini yg beraneka ragam.
—Mengorganisasi aktivitas yg mendorong kesadaran & kepekaan kultural & sosial;
—Bekerja sama dg murid, guru, pimp. Sekolah serta ortu utk mencapai misis sekolah;
—Memaklumatkan konsep bahwa kebebasan intelektual & akses ke infor. Mrp hal penting bg terbentuknya warga negara yg bertg jwb & partisipasi dlm alam demokrasi; mempromosikan kebiasaan membaca, sumber serta jasa perpustakaan sekolah kepada seluruh komunitas sekolah & komunitas di luar sekolah.
5. Perpustakaan Perguruan Tinggi
—Ialah perpustakaan yg terdapat pd perguruan tinggi, badan bawahannya maupun lembaga yg berafiliasi dg PT, dg tujuan utama membantu PT mencapai tujuannya.
Karakteristik Perpustakaan PT :
—Adanya hubungan segitiga antara pustakawan, mahasiswa & pengajar yg menunjukkan bahwa pengajar & mahasiswa berhubungan langsung dg pustakawan dlm mencari informasi, penelusuran informasi.
Badan lain yg bergerak dlm penyebaran informasi :
1.Pusat Rekod
Rekod/arsip dinamis artinya dokumen yg diciptakan atau diterima oleh badan korporasi, keluarga, perorangan dlm menjalankan fungsi & aktivitasnya (digunakan sehari-hari).
2.Depo Arsip
Adalah lembaga penyimpan arsip.
3.Pusat dokumentasi
Adalah tempat dokumen diterima, diproses, dilestarikan, disingkat, diabstrak dan diindeks dalam satu bidang atau lebih. Dari kegt. Tersebut dihasilakn dokumen baru spt bibliografi, majalah indeks dan abstrak.
4.Clearing House
Mrp badan yg mengumpulkan & mencatat hasil penelitian, pengembangan & aktivitas lain yg sedang direncanakan, sedang berjalan, masih berlangsung atau sudah selesai serta menyediakan dokumen yg berasal dr aktivitas tersebut & jasa referal ke sumber lain utk informasi yg berkaitan dg aktivitas tersebut.
5.Pusat Analisis Informasi
Mrp pusat dokumentasi yg secara khusus bekerja sama dg pusat penelitian. Tugasnya mengevaluasi perkembangan pengetahuan pada subjek khusus, membuat sintesis informasi scr berkala & menyediakan informasi yg langsung dpt digunakan.
6.Pusat Informasi
Memberikan layanan informasi buku atau subjek yg menjadi tugas & tanggung jawab lembaga tsb.
7.Pusat Referal
Adalah sebuah lembaga yg mengarahkan pemakai terutama peneliti, pada sumber data & informasi yg sesuai, spt perpustakaan, lembaga, pusat dokumentasi & perorangan.
8.Bank Data
Pusat data yg bertugas mengumpulkan, menyusun, & menyimpan data numerik yg dapat digunakan bilamana diperlukan dlm subjek tertentu atau menjawab keperluan tertentu.
9.Museum
Adalah sebuah lembaga permanen, nirlaba yg melayani masy. & perkembangannya, & terbuka bagi umum, yg memperoleh, melestarikan, meneliti, mengomunikasikan & memamerkan, utk keperluan kajian, pendidikan & kegembiraan, bukti materian dr manusia & lingkungannya.
0 komentar:
Posting Komentar