BERIKUT DI BAWAH INI
PETA KONSEP BAHASA INDONESIA (MKDU4110) MODUL 3
BESERTA PENJELASANNYA
KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017
NAMA : CATUR KISWANA PUTRA
NIM : 021812568
DAPAT APLIKASI GRATIS PULSA ALL OPERATOR SETIAP HARI
INI BUKAN TIPU-TIPU, BUKAN SPAM, BUKAN VIRUS & BUKAN MODUS
TIDAK PERCAYA BISA INBOX SAYA
CARANYA PASANG TINGGAL KLIK PADA TAUTAN DI BAWAH INI NANTI AKAN DI ARAHKAN KE PLAY STORE ANDROID
GRATIS PULSA TIAP HARI CARANYA KLIK DI SINI
===
SELENGKAPNYA SILAHKAN LIHAT DI BAWAH INI
Keterangan :
Menyimak adalah atau diartikan suatu prses kegiatan mendengarkan lambang –lambang lisan dengan penuh perhatian,pemahaman ,apresiasi serta interpretsi untuk memperoleh informasi menangkap isi serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.(Tarigan 1993 : 28).menyimak,mendengar,mendengarkan ini memiliki makna yang berbeda.Didalam kegiatan mendengar belum ada unsur kesengajaan menyimak bunyi – bunyi yang didengarnya,sedangkan dalam kegiatan mendengarkan sudah terdapat unsur kesengajaan dan tujuan tapi belum terdapat unsur pemahaman..Berbeda dengan kegiatan mendengar dan mendengarkan didalam kegiatan menyimak sudah terdapat unsur kesengajaan,tujuan,dan pemahaman..Menyimak ini mempunyai manfaat antara lain mempelancar komunikasi,memperoleh informasi untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman tentang kehidupan,sebagai dasar belajar bahasa.Dalam menyimak ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk dapat menyimak dengan baik yaitu:
· Alat dengar sipendengar dan alat bicara pembicara baik.
· Konsentrasi penyimak pada pembicaraan
· Pengenalan tujuan pembicaraan
· Pengenalan paragraf atau bagian pembicaraan dan pengenalan kalimat-kalimat inti pembicaraan
· Kesanggupan menarik kesimpulan dengan cepat
· Memiliki intelegensi yang tinggi
· Latihan yang teratur.
Membedakan fonem dalam konteks,menangkap maksud tuturan dalam sebuah kalimat,menentukan kesalahan pengucapan sebuah kata,menangkap isi sebuah percakapan ,menangkap isi wacana karya ilmiah dan non ilmiah, merupakan kegiatan –kegiatan yang dapat anda lakukan untuk berlatih ketrampilan menyimak.
2.Menyimak informatif
Menyimak dibagi menjadi beberapa jenis yaitu menyimak berdasarkan situasi dan menyimak berdasarkan itensitas.Menyimak berdasarkan situasi terdiri dari menyimak interaktif dan menyimak non iteraktif.Menyimak secara interaktif terjadi dalam percakapan tatap muka dan melalui telepon.Berdasarkan segi intensitas,menyimak dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu menyimak ekstensif dan intensif.
A. Menyimak ekstensif, adalah kegiatan menyimak yang berhubungan dengan hal – hal yang bersifat umum dan tidak memerlukan bimbingan langsung dari guru. Kegiatan menyimak ekstensif ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu :
Ø Menyimak sekunder.Menyimak ini dapat diartikan sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan(casual listening) dan ekstensif (extensive casual) (Tarigan 1993:38).Menyimak ini memiliki kesamaan dengan mendengarkan.
Ø Menyimak pasif.menyimak ini memiliki kemiripan dengan menyimak sekunder,yaitu melakukan kegiatan sambil melakukan pekerjaan lain.Lalu perbedaannya pada perhatian dapat beralih sepenuhnya dari satu kegiatan lain yang lebih menarik perhatian penyimak.
Ø Menyimak estetis disebut juga menyimak apresiatif.Kegiatan menyimak ini adalah kegiatan yang bahan simakannya berupa karya-karya sastra.
B. Menyimak intensif.Menyimak ini bebeda dengan menyimak ekstensif ,menyimak intensif merupakan kegiatan yang memerlukan bimbingan dan arahan karena penyimak harus memahami secara terperinci,teliti,dan mendalam apa yang ia simak.Kegiatan menyimak ini dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu
Ø Menyimak kritis.Menurut Bustanul arifin,dkk(2007: 2.20) menyimak kritis adalah kegiatan menyimak yang dilakukan dengan sungguh – sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif menentuka keaslian,kebenaran dan kelebihan,serta kekurangan – kekurangan bahasa simakan.
Ø Menyimak kreatif.Menurut Bustanul arifin,dkk (2007) menyimak kreatif aadalah menyimak yang bertujuan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas pembelajar.
Ø Menyimak konsentratif.Kegiatan ini memerlukan konsentrasi yang tinggi agar informasi yang diperoleh dapat dipahami dan diikuti.
0 komentar:
Posting Komentar