ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111) RANGKUMAN MODUL 1



BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017

NAMA : CATUR KISWANA PUTRA

NIM : 021812568


ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI 

MODUL 1
MANAJEMEN DAN RUANG LINGKUP


Prof. Dr. H. Rusli Ramli, M.S.
Ir. Sri Yuniati Putri Koes Hardini, M.Si.

PENDAHULUAN

Manajemen dan manajer adalah kata yang sudah tidak asing bagi kita, sangat sering kita dengar, bahkan mungkin kita pun sudah melakukan apa yang terkandung dalam arti manajemen atau manajer tanpa kita sadari. Definisi dan pengertian manajemen sering dikaji secara abstrak, seolah-olah terpisah dari situasi nyata, namun secara tradisional istilah manajemen sering dihubungkan dengan aktivitas (atau sekelompok orang) yang meliputi fungsi-fungsi umum manajemen yang akan dibahas lebih lanjut.

Modul ini, akan menjelaskan tentang manajemen dan ruang lingkupnya yang dapat membawa Anda untuk membayangkan bahwa manajemen itu adalah suatu fenomena di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan kata lain, manajemen itu memang terdapat dan terjadi di mana-mana, baik di dalam suatu organisasi yang besar maupun dalam organisasi yang kecil bahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal ini sekaligus dapat menyadarkan Anda bahwa manajemen itu merupakan sesuatu yang penting dan sangat diperlukan untuk Anda pelajari. Mempelajari manajemen dan ruang lingkupnya, dan ilmu-ilmu lain yang turut mendukungnya, serta fungsi-fungsi manajemen yang dikenal selama ini sekaligus, merupakan bagian awal untuk mengajak Anda dalam berusaha mengetahui dan mempelajari modul-modul selanjutnya. 

Di samping itu, dalam bagian modul ini akan diberikan contoh bagaimana seorang manajer menjalankan fungsinya sehingga pengertian manajemen dapat dengan nyata Anda ketahui karena dalam kehidupan sehari-hari Anda juga melakukan fungsi-fungsi manajemen. 

Setelah Anda mempelajari dan mengerti tentang konsep dasar dan ruang lingkup manajemen, Anda diharapkan dapat :

1. Menjelaskan pengertian manajer, manajemen, dan fungsi-fungsi manajemen.

2. Menjelaskan manajemen sebagai studi yang bersifat interdisipliner.

3. Memberikan contoh bagaimana manajer menjalankan fungsi manajemen.

KEGIATAN BELAJAR 1
MANAJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1. Bagaimana definisi manajemen menurut Anda ?
2. Mengapa definisi management is getting things through other people (manajemen adalah mendapatkan sesuatu melalui kerja orang lain), masih perlu ditambah atau masih belum tepat ?
Jawab :
Sebab definisi ini masih perlu ditambah dengan kata-kata apabila ia memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakannya sebagai seorang pemimpin. Hal ini perlu agar setiap manajer merasa bahwa ia bukanlah seorang yang dapat dengan seenaknya merasa seperti seorang ‘raja’ yang menginginkan orang-orang harus bekerja untuknya.

3. Apakah seorang manajer mengetahui atau menguasai pekerjaan melalui pengetahuan yang diperolehnya, ataukah untuk menjadi manajer hanya dapat dilakukan oleh orang-orang berbakat saja ?
Jawab :
Pada umumnya manajemen sebagai bagian dari seni atau praktek sekurang-kurangnya memerlukan suatu pertimbangan dan pikiran yang sehat, di samping itu suatu pengetahuan yang terus berkembang yang dapat dipelajari, dipikirkan dan dipergunakan oleh setiap orang, jadi manajer di samping berbakat harus berpengetahuan dan menguasai pekerjaan.

4. Menurut Anda, apakah ke-7 fungsi manajemen di atas sudah lengkap? Bila belum dapatkah Anda menambahkan fungsi untuk melengkapinya ?
5. Bagaimana fungsi pengorganisasian berbeda dengan fungsi staffing ? Dapatkah fungsi inovasi disatukan dengan fungsi perencanaan ? Jelaskan !

RANGKUMAN

Manajemen sebagai fungsi yang dilaksanakan oleh manajer sangat berhubungan dengan usaha manajer lewat kerja sama dengan orang lain untuk mencapai sasaran (objective) tertentu dengan jalan menggunakan sumber-sumber yang tersedia sebaik mungkin. Hal ini menyebabkan manajer senantiasa terlibat dengan pembuatan keputusan (decision making) yang setiap saat harus dilakukannya sehubungan dengan usaha kelompok yang berada di bawah pimpinannya. Oleh sebab itu, sering didefinisikan bahwa management is getting things done through other people, dan lainnya mendefinisikan management is decision making.

Dengan kedua definisi di atas, berarti bahwa studi manajemen pada akhirnya ditujukan agar pembuatan keputusan dapat lebih baik sesuai dengan bidang tempat manajemen tersebut beroperasi, seperti manajemen pemasaran, manajemen perkantoran, dan manajemen produksi.

Sementara itu, pekerjaan manajemen pada dasarnya dapat dipecah menjadi 7 fungsi, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengadaan staf (staffing), pengarahan (direction), pengawasan (control), pembaharuan (innovation), dan perwakilan (representation). Ketujuh fungsi tersebut akan selalu dijalankan oleh manajer untuk mencapai sasaran (objective) tertentu dalam setiap organisasi.

TES FORMATIF 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Manajemen merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh ...
A. pesuruh kantor C. koki dalam sebuah restoran
B. tukang bongkar muat barang D. mandor dalam sebuah pabrik
Jawab : D
Karena pekerjaan manajemen terjadi apabila seseorang memimpin sejumlah orang seperti halnya dengan mandor.

2. Seorang manajer dapat menjalankan pekerjaan manajemen yang diperoleh melalui ...
A. pengetahuan yang dipelajari
B. pengalaman selama ia bertugas
C. pengetahuan dan praktek dengan pemikiran yang sehat
D. praktek yang bertahun-tahun
Jawab : C
Karena manajemen sebagai bagian dari praktek sekurang-kurangnya memerlukan suatu pertimbangan dan pikiran yang sehat, tetapi di lain pihak manajemen merupakan suatu pengetahuan yang terus berkembang serta dapat dipelajari untuk dipikirkan dan digunakan.

3. Fungsi manajemen menurut Luther Gullick terdiri dari ...fungsi
A. 5 C. 7
B. 6 D. 8
Jawab : C
Planning, Organizing, Staffing, Direction, Control, Innovation, Representation.

4. POSDCORB adalah singkatan dari fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh ...
A. Henry Fayol C. Ernest Dale
B. G. R. Terry D. Luther Gullick
Jawab : D
Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting dan Budgeting.

5. Fungsi anggaran yang dikemukakan oleh Luther Gulick, oleh para ahli manajemen lainnya dimasukkan ke dalam fungsi ...
A. perencanaan C. pembaharuan
B. pengorganisasian D. pengawasan
Jawab : A
Karena fungsi budgeting tidak lain adalah pembuatan rencana anggaran, jadi dapat dikelompokkan dalam fungsi perencanaan.

6. Menempatkan orang yang cakap pada bidang tertentu untuk suatu posisi / jabatan yang sesuai dengan kecakapan orang tersebut, merupakan fungsi ...
A. perencanaan C. pengadaan staf
B. pengorganisasian D. pengarahan
Jawab : C
Karena dapat diartikan sebagai pengisian posisi yang lowong.

Untuk mengerjakan soal nomor 7 dan 8, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.

7. Seorang pimpinan yang menjelaskan kepada bawahannya tentang cara melakukan pekerjaan, berarti ia sedang menjalankan fungsi pengawasan.
Sebab
Fungsi pengawasan dapat digunakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kemajuan sudah dilakukan, agar dapat melangkah lebih lanjut.
Jawab : C
Karena pernyataan pertama salah, bukan fungsi pengawasan, tetapi fungsi pengarahan.

8. Dalam melakukan fungsi pembaharuan seorang manajer dapat bertindak sebagai katalisator atau stimulator.
Sebab
Fungsi pembaharuan merupakan usaha kreatif dari manajer dalam usaha mengembangkan organisasi yang dipimpinnya.
Jawab : B
Karena kedua pernyataan benar, tetapi tidak memiliki hubungan sebab akibat.

Untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10 pilihlah :
A. Jika jawaban 1 dan 2 benar
B. Jika jawaban 1 dan 3 benar
C. Jika jawaban 2 dan 3 benar
D. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

9. Manajer adalah seorang ...
1. Kepala yang memimpin sejumlah bawahan.
2. Pimpinan suatu organisasi.
3. Administrator yang menjalankan tugas yang bersifat manajerial.
Jawab : D
Karena ketiga jawaban semuanya benar.

10. Beberapa contoh yang dilakukan manajer dalam melaksanakan fungsi representasi adalah ...
1. Perundingan gaji dengan serikat pekerja
2. Mewakili organisasinya berhubungan dengan lembaga pemerintah
3. Menjadi stimulator agar terjadi dinamika dalam organisasi yang dipimpinnya.
Jawab : A
Karena hanya jawaban 1 dan 2 yang benar.

KEGIATAN BELAJAR 2
MANAJEMEN SEBAGAI STUDI YANG BERSIFAT INTERDISIPLINER


LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1. Mengapa manajemen merupakan sesuatu yang ilmiah dan pendekatannya harus bersifat interdisiplin (menggunakan berbagai pengetahuan) ? Jelaskan secara ringkas !
Jawab :
Sebab dalam prakteknya manajemen melakukan banyak hal yang menyangkut perencanaan, keputusan, pengorganisasian, dan lain-lainnya, yang tidak hanya berdasar intuisi saja melainkan berdasarkan sesuatu yang ilmiah, yang pendekatannya harus bersifat interdisipliner. Hal ini berarti teori-teori dan teknik berbagai ilmu pengetahuan harus dipergunakan di dalam manajemen.

2. Apa yang menyebabkan pengalaman saja belum dapat menjamin seorang manajer berhasil dalam tugasnya ?
Jawab :
Dalam kenyataan pengalaman saja belumlah cukup untuk menjadi seorang manajer yang baik karena manajer haruslah dinamis dan kreatif dengan menggunakan teori-teori dan inovasi, untuk dapat membuat orang lain mau mengerjakan sesuatu dalam mencapai tujuan.

3. Bagaimana ilmu ekonomi diperlukan dalam fungsi perencanaan ?
4. Jelaskan bahwa teori-teori memang diperlukan dalam situasi praktek apapun !
5. Bagaimana caranya membedakan teori yang baik dengan teori yang tidak bermanfaat ?

RANGKUMAN

Walaupun para manajer menjalankan berbagai pertimbangan, pikiran sehat, ataupun pengetahuan sehubungan dengan lapangan pekerjaannya, banyak disiplin ilmu telah mempersiapkan teori dan teknik yang dapat membantu mereka.
Seorang manajer dapat saja menggunakan ilmu ekonomi, sosiologi, ataupun psikologi, bahkan ia dapat juga menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari studi serta percobaan-percobaan yang merupakan pengalaman yang ia peroleh pada saat ia melaksanakan fungsi manajemen. Dalam beberapa pokok studi kadang-kadang seorang manajer akan menghadapi berbagai pandangan yang agak kontradiktif. Namun hal ini diserahkan padanya untuk menentukan yang mana dapat berlaku untuk masalah yang dihadapi, hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Mintzberg bahwa manajer memiliki banyak peran.

TES FORMATIF 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Perencanaan dalam manajemen tidak dapat dilakukan tanpa adanya peramalan (forecasting), hal ini memerlukan pengetahuan ...
A. sosiologi C. psikologi
B. ekonomi D. fisika
Jawab : B
Karena peramalan merupakan salah satu bagian dari pengetahuan ekonomi.

2. Untuk melaksanakan fungsi pengarahan (directing), para manajer akan banyak terbantu apabila ia menguasai ilmu ...
A. matematika C. ekonomi
B. fisika D. psikologi
Jawab : B
Karena dalam pengarahan manajer harus tahu keinginan bawahan agar keinginan manajer dapat dilaksanakan sehingga ilmu psikologi sangat diperlukan.

3. Banyaknya hubungan yang terjadi antara individu di dalam kelompok kerja, meminta para manajer untuk sebaiknya memahami pula ilmu ...
A. matematika C. ekonomi
B. fisika D. sosiologi
Jawab : D
Karena sosiologi merupakan ilmu mengenai hubungan yang terjadi di dalam kelompok.

4. Kebiasaan mempelajari secara seksama apa yang telah dilakukan sebelumnya, baik oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri, akan dapat membantu seorang manajer dalam menghasilkan suatu yang baru. Hal semacam ini merupakan wujud pelaksanaan fungsi ...
A. perencanaan C. pengarahan
B. pengadaan staf D. pembaharuan
Jawab : D
Karena pembaruan bukan hanya mendapatkan sesuatu yang baru (invention), tetapi dapat juga meniru (immitation) sesuatu yang baik bagi organisasinya.

5. Di bidang perencanaan dan pengawasan telah banyak kemajuan dengan adanya komputer yang berkaitan dengan kemajuan di bidang ilmu ...
A. matematika C. sosiologi
B. ekonomi D. psikologi
Jawab : A
Karena computer berhubungan dengan pengolahan data / informasi.

6. Manajemen merupakan sesuatu yang ilmiah, karena ...
A. harus menggunakan teori-teori dan teknik berbagai ilmu pengetahuan
B. merupakan suatu mata kuliah yang harus diketahui di setiap jenjang pendidikan.
C. bukan hanya merupakan hal yang berisi teori saja tetapi harus dipraktekkan.
D. dapat memberikan solusi dari banyaknya persoalan dalam organisasi
Jawab : A

Untuk mengerjakan soal nomor 7 dan 8 pilihlah :
A. jika jawaban 1 dan 2 benar
B. jika jawaban 1 dan 3 benar
C. jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

7. Pengalaman bagi seorang manajer dapat dipakai untuk ...
1. membantu memecahkan masalah manajemen
2. mengurangi banyaknya trial dan error dalam pekerjaan
3. menjamin keberhasilan untuk memimpin
Jawab : A

8. Untuk menguji baik tidaknya suatu teori, yang perlu dipertanyakan adalah ...
1. apakah teori tersebut sudah dikembangkan secara ilmiah
2. apakah teori tersebut sudah pantas untuk diterima
3. apakah teori tersebut cukup beralasan dan akurat untuk meramal
Jawab : D

Untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.

9. Memarahi pekerja yang bermalas-malasan merupakan wujud dari teori yang sudah dikenal mandor yang baik untuk dilakukan
Sebab
Dimarahi bukanlah hal yang disenangi oleh manusia, karena itu untuk menghindari hal yang tidak disenangi manusia akan menghindari hal yang menyebabkan dimarahi.
Jawab : A

10. Teknik operation research banyak menolong para manajer dalam pengambilan atau pembuatan keputusan.
Sebab
Manajemen merupakan ilmu yang interdisipliner.
Jawab : B

KEGIATAN BELAJAR 3
BAGAIMANA MANAJER MENJALANKAN FUNGSINYA ?

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Menurut Anda, apakah Tuan Budiman adalah seorang manajer yang baik ? Berikan alasan Anda !
2) Fungsi manajemen mana (jika ada) yang dijalankan Tuan Budiman secara buruk dan fungsi manajemen mana yang dilakukan secara baik ?

RANGKUMAN
Bagaimana manajer menjalankan fungsinya, tidaklah merupakan suatu yang sama bagi setiap manajer. Semua ini sangat tergantung kepada masing-masing pribadi manajer itu sendiri. Ada manajer yang menghabiskan seluruh waktunya bagi fungsi manajemen, namun tidak sedikit pula yang menjalankan tugas-tugas yang bukan bersifat manajerial. Namun, Robbins dan Coulter menjabarkan beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang manajer yang meliputi keahlian : konseptual, komunikasi, efektivitas, dan interpersonal; dan juga menjelaskan tentang hubungan keahlian yang harus dimiliki oleh manajer dengan fungsi manajemen yang diembannya.

TES FORMATIF 3

Isilah dengan fungsi-fungsi manajemen yang Anda ketahui di belakang kegiatan yang dilakukan oleh Tuan Budiman selama satu hari di bawah ini !

Waktu Kegiatan Fungsi Manajemen
05.10 – 07.10 Bekerja di rumah, me nyusun artikel ilmiah yang akan dipublikasikan. Tidak termasuk dalam salah satu fungsi mana jemen.
07.10 – 08.00 Senam dan makan pagi. Tidak termasuk dalam salah satu fungsi mana jemen.
08.05 Tiba di kantor. Tidak termasuk dalam salah satu fungsi mana jemen.
08.05 – 08.30 Dengan sekretaris priba di membicarakan renca na kerja harian, mendis posisikan surat untuk pe kerjaan yang mesti di kerjakan. Fungsi Perencanaan
08.30 – 08.45 Laporan asisten penjua lan tentang perkemba ngan, dan pembeli yang menunggak pembaya ran serta mendengarkan pandangan perlu tidak nya penghentian pengiri man produk pada pem beli semacam itu. Fungsi pengawasan dan fungsi perencanaan
08.45 – 09.45 Pertemuan dengan asis ten riset untuk laporan dan kemungkinan pema saran bagi perusahaan. 1.Fungsi perencanaan dan pengawasan
2.Fungsi pengadaan staf
3.Fungsi pengawasan
4.Fungsi perencanaan
5.Fungsi pengawasan
6.Fungsi perencanaan
09.45 – 11.45 Pertemuan dengan ang gota-anggota pimpinan perusahaan serta ayah nya (Presiden Komisa ris) dihadiri pula pimpi nan unit yang acaranya sebagai berikut :
1) Perkiraan (forecast) operasi setiap ming gu. Forum melihat gambaran perkiraan minggu lalu dan membandingkan de ngan pesanan yang terjadi. Demikian pu la penjualan nyata di bandingkan dengan periode sebelumnya serta perkiraan pro duksi dibandingkan dengan produksi yang terjadi, demiki an pula dengan persediaan.
2) Membahas usul mempekerjakan kon sultan dari luar un tuk mengembangkan sistem pengawasan investor.
3) Membicarakan pe kerjaan dari agen pembelian.
4) Membicarakan kebi jaksanaan yang akan diambil karena ada nya kenaikan harga.
5) Membicarakan perse diaan jenis barang.
6) Membahas persoa lan biaya menyang kut detil di bidang anggaran (budget).

1.Fungsi perencanaan dan pengawasan

2.Fungsi pengadaan staf

3.Fungsi pengawasan

4.Fungsi perencanaan

5.Fungsi pengawasan

6.Fungsi perencanaan

11.45 – 12.15 Diskusi dengan manajer iklan tentang copy iklan yang direncanakan, ju ga diskusi dengan asis ten penjualan tentang kemungkinan pemakai an jalan tersebut. Fungsi perencanaan
12.15 – 12.45 Pertemuan tentang pe rencanaan bangunan ba ru dengan arsitek, juga hadir para Wakil Direk tur Utama produksi dan keuangan serta perwaki lan pabrik batu bata. Pertemuan ini memutus kan jenis batu bata yang akan digunakan. Fungsi perencanaan dan perwakilan
12.45 – 13.30 Makan siang, sekaligus menginterviu seorang calon untuk bersekolah di perguruan tinggi. Fungsi pengarahan
13.30 – 14.30 Diskusi dengan manajer riset dan pengemba ngan, Wakil Direktur Utama Produksi, dan manajer penjualan ece ran tentang kemungki nan suatu produk yang telah disiapkan oleh ba gian riset dan pengem bangan. Diskusi dituju kan untuk modifikasi produk dari sudut penju al, pandangan produksi, serta analisis biaya. Ba tas waktu untuk keputu san final bagi masalah ini ditentukan setelah bagian riset dan pe ngembangan memberi kan beberapa contoh (sampel) untuk dicoba di pasaran. Fungsi pembaharuan
14.30 – 15.15 Pertemuan dengan Di rektur Utama suatu pe rusahaan yang menjadi pembeli dari produk pe rusahaannya untuk pe nandatanganan kontrak jual beli. Fungsi perwakilan
15.15 – 15.30 Pertemuan dengan seo rang petugas tata kota untuk memberikan sa ran dan gambaran wila yah di sekitar pabrik. Fungsi pengorganisasian
15.30 – 15.45 Diskusi dengan orang tertentu yang tengah me lakukan riset tentang su atu alat baru untuk pro duksi. Idenya timbul da ri Tuan Budiman, tetapi pengembangannya telah diambil alih oleh profes sor dari universitas tem pat Tuan Budiman turut serta menjadi penasehat universitas tersebut. Fungsi pembaharuan
15.45 – 16.15 Diskusi melalui telepon dengan kantor cabang Jakarta yang melapor kan tentang adanya kon tak dan kemungkinan pembelian besar oleh su atu firma di Hongkong. Fungsi pengawasan
16.15 – 17.15 Pertemuan dengan pem beli dari beberapa toko disertai oleh dua orang asisten. Setelah memper kenalkan para asisten nya yang baru, selanjut nya membicarakan soal harga dan syarat penye rahan dengan pembeli. Fungsi perwakilan
17.15 – 17.45 Pertemuan dengan wa kil Direktur Utama bi dang keuangan serta banker dari luar kota, membicarakan soal pin jaman jangka pendek dan jangka panjang. Fungsi perwakilan
17.45 - dst Tuan Budiman kembali ke rumah, tanpa memba wa pekerjaan apa pun. Kalau pun ada hanyalah berupa agenda atau lapo ran singkat untuk diba ca di rumah setelah ia bangun esok paginya pu kul 5.00 pagi. Tidak termasuk fungsi manajemen

DAFTAR PUSTAKA

Dale, Ernest (1969) Management : Theory & Practice. New York : Mc. Graw Hill Company
Handoko, H. (1999). Manajemen. Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta.
Robbins, P Stephen dan Coulter, M. (2005). Management. New Jersey : Pearson Prentice Hall.


0 komentar: