BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)
KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017
NAMA : CATUR KISWANA PUTRA
NIM : 021812568
ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA
BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI
MODUL 4
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Prof. Dr. H. Rusli Ramli, M.S.
Ir. Sri Yuniati Putri Koes Hardini, M.Si.
PENDAHULUAN
Setelah mempelajari perencanaan sebagai salah satu fungsi manajemen, pada modul 4 ini, akan dibahas mengenai fungsi manajemen lainnya, yaitu pengorganisasian (organizing). Pengorganisasian merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting karena dengan pengorganisasian berarti seluruh sumber-sumber yang ada dalam organisasi, baik berupa sumber daya manusia maupun sumber daya lain, akan dipadukan ke arah tercapainya suatu tujuan.
Dalam modul 4 ini, Anda akan diajak untuk lebih memahami bagaimana pentingnya pengorganisasian sebagai fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manajer atau personel yang menjalankan manajemen dalam setiap organisasi. Fungsi pengorganisasian sama pentingnya dengan fungsi perencanaan karena dalam pengorganisasian ini seluruh sumber (resources) baik berupa manusia maupun yang non manusia diatur dan dipadukan sedemikian rupa, untuk berjalannya suatu organisasi, dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
Pemahaman tentang pengorganisasian sebagai salah satu fungsi manajemen, akan memberikan kejelasan bahwa proses pengaturan dalam organisasi tidak akan selesai tanpa diikuti oleh aktuasi, yang berupa bimbingan kepada manusia yang berada dalam organisasi tersebut, agar secara terus-menerus dapat menjalankan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Di samping itu, dalam suatu organisasi harus ada wewenang yang diikuti tanggung jawab sehingga fungsi pengorganisasian akan berjalan dengan harmonis. Setelah mempelajari Modul 4 ini, Anda diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pentingnya fungsi pengorganisasian (organizing) dalam manajemen.
2. Menjelaskan wewenang (authority) dan tanggung jawab.
3. Menjelaskan hubungan secara organisasi.
4. Menjelaskan struktur organisasi dan departemen.
KEGIATAN BELAJAR 1
FUNGSI PENGORGANISASIAN
LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1) Jelaskan definisi organizing (pengorganisasian) !
Jawab :
Pengorganisasian (organizing) adalah suatu langkah untuk menetapkan, menggolong-golongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan yang dipandang perlu seperti bentuk fisik, penetapan tugas dan wewenang seseorang, pendelegasian dan seterusnya dalam rangka mencapai tujuan.
2) Langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang manajer apabila hendak melakukan tindakan pengorganisasian !
Jawab :
Langkah-langkah pengorganisasian meliputi mengetahui tujuan, membagi habis pekerjaan dalam kegiatan-kegiatan bagian, menggolongkan kegiatan ke dalam satuan-satuan yang praktis, menentukan kewajiban yang harus dilaksanakan dan menyediakan peralatan serta tempat / ruang fisik yang diperlukan, penugasan personalian yang cakap.
3) Sebutkan empat manfaat langkah pengorganisasian !
Jawab :
Manfaat langkah pengorganisasian meliputi pelaksanaan tugas menjadi efisien, hubungan kerja yang tepat, pendelegasian wewenang yang jelas dan fasilitas kerja yang sesuai dengan yang diperlukan.
RANGKUMAN
Pengorganisasian adalah langkah untuk menetapkan, menggolongkan, dan mengatur berbagai macam kegiatan yang dipandang perlu untuk mencapai tujuan organisasi.
Dasar tindakan pengorganisasian menyangkut pekerjaan, orang-orangnya, tempat yang disediakan untuk bekerja, dan hubungan-hubungan antara orang dan sarana atau barangnya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Langkah pengorganisasian harus menuju kea rah yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, baik bagi organisasi maupun orang-orangnya.
Bagi semua manajer yang melakukan pengorganisasian ada enam langkah yang harus dipertimbangkan untuk dilaksanakan, yaitu :
1. Mengetahui tujuan;
2. Membagi habis pekerjaan dalam kegiatan-kegiatan bagian;
3. Menggolongkan kegiatan ke dalam satuan-satuan yang praktis;
4. Menentukan kewajiban yang harus dilaksanakan dan menyediakan peralatan serta tempat / ruang fisik yang diperlukan;
5. Penugasan personalia yang cakap;
6. Mendelegasikan wewenang.
TES FORMATIF 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1) Konsep baru dalam pengorganisasian adalah ...
A. manusia disamakan dengan mesin
B. menekankan pada sisi manusia yang bekerja
C. usaha perorangan
D. kesetaraan manajer dan staf
Jawab : B
2) Yang tidak termasuk manfaat dalam pengorganisasian adalah ...
A. pelaksanaan tugas C. hubungan kerja
B. sistem penggajian D. pendelegasian wewenang
Jawab : B
Untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar
D. Apabila kedua pernyataan salah
3) Pekerjaan dalam organisasi yang baik akan habis dibagi dalam subordinasi dan orang per orang
Sebab
Pekerjaan adalah suatu hasil perencanaan yang sudah disepakati
Jawab : A
4) Struktur organisasi dapat diciptakan dalam waktu yang relative singkat
Sebab
Faktor yang dijadikan pertimbangan dalam menciptakan struktur organisasi adalah tingkah laku manusia dan sifat pekerjaannya.
Jawab : C
Untuk mengerjakan soal nomor 5 dan 6 pilihlah :
A. jika jawaban 1 dan 2 benar
B. jika jawaban 1 dan 3 benar
C. jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
5) Organisasi sebagai proses dapat dilihat pada sisi ...
1. pembagian kerja yang tepat
2. fungsi dan tanggung jawab yang sesuai
3. adanya penyempurnaan sesuai perkembangan
Jawab : D
6) Hubungan yang terjalin antara orang-orang yang ada di dalam organisasi akan menyangkut pada ...
1. tanggung jawab 3. Tugas
2. wewenang
Jawab : D
KEGIATAN BELAJAR 2
WEWENANG (AUTHORITY)
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1) Jelaskan tentang sumber-sumber wewenang !
2) Jelaskan apa yang dimaksud dengan batas-batas wewenang !
3) Jelaskan apa yang sering menjadi permasalahan dalam pendelegasian wewenang !
RANGKUMAN
Wewenang adalah kekuasaan atau hak untuk memerintah atau untuk meminta orang lain berbuat sesuatu dalam kegiatan organisasi. Wewenang bersumber pada kelompok pendekatan institusional dan pendekatan kepatuhan. Wewenang didelegasikan berdasarkan hubungan dalam kegiatan organisasi. Dalam mendelegasikan wewenang, perlu diketahui cara yang tepat agar diperoleh pendelegasian wewenang yang sesuai dengan posisi orang yang ada dalam organisasi.
TES FORMATIF 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1) Yang bukan termasuk asal dari sumber wewenang adalah ...
A. jabatan C. pemberian
B. putusan undang-undang D. pengakuan atas kecakapan
Jawab : C
2) Yang tidak termasuk dalam wewenang adalah kekuasaan untuk ...
A. merubah kebijakan C. mengambil keputusan
B. memerintah D. melaksanakan keputusan
Jawab : A
Untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar
D. Apabila kedua pernyataan salah.
3) Wewenang harus memiliki batas
Sebab
Batas wewenang memungkinkan hubungan antar pekerja berjalan seimbang
Jawab : A
4) Pendelegasian wewenang dilaksanakan secara tertulis
Sebab
Pendelegasian wewenang yang tertulis dapat mengurangi keluwesan (fleksibilitas) organisasi
Jawab : B
Untuk mengerjakan soal nomor 5 dan 6 pilihlah :
A. Jika jawaban 1 dan 2 benar
B. Jika jawaban 1 dan 3 benar
C. Jika jawaban 2 dan 3 benar
D. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
5) Wewenang adalah ...
1. Kekuasaan untuk memerintah.
2. Kekuasaan membuat orang lain melakukan sesuatu.
3. Kekuasaan yang dimiliki oleh pemimpin.
Jawab : D
6) Pendelegasian wewenang tidak selalu berjalan lancer, faktor penyebabnya adalah ...
1. Anggapan bahwa bawahan kurang cakap dalam melaksanakan tugas.
2. Adanya nafsu berkuasa.
3. Tidak berani menanggung resiko atas kemungkinan kesalahan bawahan.
Jawab : D
KEGIATAN BELAJAR 3
HUBUNGAN ORGANISATORIS
LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1) Jelaskan apakah yang dimaksud dengan hubungan secara organisatoris ?
2) Apakah kebaikan dan keburukan organisasi lini ?
3) Jelaskan macam-macam staf yang Anda ketahui !
4) Jelaskan mengapa diperlukan bentuk organisasi lini dan staf !
RANGKUMAN
Hubungan secara organisatoris adalah hubungan yang timbul dari adanya penggunaan wewenang, yang keseluruhannya diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Hubungan tersebut memberikan bentuk atau macam organisasi yang dianut. Ada organisasi lini yang wewenang antara atasan terhadap bawahannya dengan jelas dapat dipahami karena bawahan memandang atasan sebagai sumber kekuasaan.
Namun, sesuai perkembangan zaman, organisasi lini tidak dapat bertahan lama karena terdapat berbagai kelemahan. Untuk mengatasi kekurangan ini muncul organisasi lini dan staf, yang di samping petugas-petugas lini terdapat pula petugas bantuan (staf) yang memberikan bantuan kepada manajer dalam hal-hal yang khusus.
Wewewnang lini dan wewenang staf berbeda, baik dalam hubungan dengan petugas lainnya, maupun dengan organisasi secara organisatoris.
TES FORMATIF 3
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1) Wewenang lini adalah wewenang yang ...
A. Mengalir dari atas ke bawah
B. Mengalir ke samping.
C. Mengalir menurut garis yang berbentuk lingkaran.
D. Mengalir dengan garis yang terputus-putus.
Jawab : A
2) Staf umum adalah ...
A. digunakan dalam organisasi militer
B. ada dalam struktur organisasi lini.
C. staf yang tidak memiliki wewenang.
D. staf yang tidak memiliki manajer.
Jawab : A
Untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.
3) Wewenang lini merupakan wewenang yang paling baik untuk dilakukan baik di instansi pemerintah maupun militer.
Sebab
Wewenang lini dengan hubungan yang langsung antara atasan dan bawahan dapat mempercepat dalam pengambilan keputusan.
Jawab : A
4) Organisasi staf dan lini merupakan organisasi yang mencerminkan adanya wewenang staf dan wewenang lini yang bergabung atau berada dalam satu organisasi.
Sebab
Organisasi staf dan lini adalah organisasi staf yang kemudian berkembang menjadi organisasi lini.
Jawab : C
Untuk mengerjakan soal nomor 5 dan 6, pilihlah :
A. Jika jawaban 1 dan 2 benar
B. Jika jawaban 1 dan 3 benar
C. Jika jawaban 2 dan 3 benar
D. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
5) Wewenang staf terbagi menjadi ...
1. staf pribadi 3. Staf penasihat
2. staf umum
Jawab : B
6) Staf spesialis adalah staf yang ...
1. berada dalam struktur organisasi staf
2. memiliki tugas khusus
3. membantu tugas manajer
Jawab : C
KEGIATAN BELAJAR 4
STRUKTUR ORGANISASI DAN DEPARTEMENISASI
LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1) Apa yang dimaksud dengan departemenisasi ?
2) Jelaskan beberapa cara dalam menyusun departemenisasi !
RANGKUMAN
Struktur organisasi sebagai alat manajemen berguna untuk memudahkan koordinasi terhadap pekerjaan yang telah dibagi-bagi, atau dipecah kepada beberapa unit atau kelompok. Oleh sebab itu, di dalam menyusun struktur organisasi harus diperhatikan tentang fungsi-fungsi yang akan menjadi dasar dari pembagian kerja nantinya.
Pembagian kerja kepada unit tertentu akan membuat departemenisasi yang semuanya diperlukan untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan. Suatu organisasi yang tidak terlalu besar pemusatan kekuasaan masih dapat dilaksanakan di tangan satu pimpinan, namun apabila organisasi berkembang menjadi lebih luas maka pemekaran atau desentralisasi perlu dilakukan untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
TES FORMATIF 4
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1) Panitia (committee) dibentuk dengan alas an ...
A. mendapatkan uang dan jasa
B. untuk kenaikan pangkat dan prestasi
C. untuk meningkatkan interaksi dan pertukaran informasi antar kelompok
D. adanya fungsi pimpinan dalam suatu kegiatan
Jawab : C
2) Yang bukan termasuk dalam fungsi dewan komisaris adalah ...
A. menetapkan tujuan C. memilih manajer puncak
B. menetapkan gaji karyawan D. menyusun anggaran
Jawab : B
Untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.
3) Departemenisasi dapat dilakukan dengan cara melalui surat keputusan direksi.
Sebab
Salah satu cara melakukan departemenisasi adalah dengan melihat fungsi, produk, atau wilayah.
Jawab : C
4) Sentralisasi dalam manajemen adalah kegiatan yang menunjukkan pemusatan kekuatan pada berbagai tangan pimpinan.
Sebab
Sentralisasi menekankan pada keserasian kerja dan kerja sama mengikuti kepentingan manajer.
Jawab : D
Untuk mengerjakan soal nomor 5 dan 6 pilihlah :
A. Jika jawaban 1 dan 2 benar
B. jika jawaban 1 dan 3 benar
C. jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
5) Prinsip pokok yang digunakan untuk membentuk organisasi adalah ...
1. memproduksi 3. mengatur keuangan
2. menjual
Jawab : D
6) Satuan organisasi tambahan yang mungkin muncul dari bagian penjualan adalah ...
1. bagian iklan 3. bagian gudang
2. bagian promosi penjualan
Jawab : A
DAFTAR PUSTAKA
Dale, Ernest (1969) Management : Theory & Practice. New York : Mc. Graw Hill Company
Handoko, H. (1999). Manajemen. Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta.
Robbins, P Stephen dan Coulter, M. (2005). Management. New Jersey : Pearson Prentice Hall.
Winardi. (1970). Asas-asas Manajemen. Bandung : Penerbit Alumni
Laman
http://management.about.com/cs/generalmanagement/a/Management101.htm
0 komentar:
Posting Komentar