CARA EDIT DATA YANG TERKUNCI Di DAPODIK




CARA EDIT DATA YANG TERKUNCI DI DAPODIK


DAPODIK 2014 terbaru membawa sedikit perubahan (disebut juga perbaikan) dimana nama dan tanggal lahir PTK dan Peserta Didik tidak dapat diedit dengan alasan untuk menjaga konsistensi data. Hm, masuk akal, namun membuat Operator kelimpungan. Pasalnya tidak sedikit OPerator DAPODIK terutama untuk data Peserta Didik menggunakan prinsip asal masuk (entri). Mendapati kenyataan data tidak bisa diedit kembali tentu menjadi malapetaka. 

Tapi tenang sob, ente tidak sendirian. Saya juga termasuk OPS yang mengentri data siswa dan PTK dengan prinsip asal masuk dulu, hehehe. Nah, saya tidak mau bertele-tele, kita langsung saja masuk pada inti artikel yaitu mengedit data DAPODIK 2014 yang terkunci setelah patch 207 menggunakan aplikasi bantu Navicat.

Prasyarat

  1. DAPODIK 2014 patch 2.0.7c sudah terinstall dengan baik
  2. Aplikasi Navicat sudah terpasang dan terkoneksi dengan database DAPODIK. Mengingatkan kembali, silahkan baca artikel cara mengkoneksikan Navicat dengan database DAPODIK

Langkah mengedit Nama dan tanggal lahir PTK dan Siswa

  1. Buka aplikasi Navicat. Masuk ke database pendataan dan folder Public.
     
    Klik nama koneksi->pendataan->public
  2. Setelah tabel-tabel pada database Pendataan terlihat, klik 2x pada tabel ptk yang tampak pada gambar diatas.
  3. Nah, sekarang untuk mengedit Nama PTK cukup klik 2x pada kolom nama, dan edit sesuka hati. Untuk tanggal lahir, klik 2x pada kolom tanggal_lahir, dan edit tanggal lahir dengan format (yyyy-mm-dd). Selesai.
     
    Klik pada nama atau tanggal lahir jika anda ingin mengedit data ptk.
  4. Untuk mengedit data siswa, carilah tabel peserta_didik. Cara mengupdate datanya sama saja dengan cara-cara mengupdate data PTK.
  5. Jangan lupa untuk selalu crosscek hasilnya melalui aplikasi DAPODIK yang sebenarnya.

Nah rekan OPS, cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat.

0 komentar: