ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111) RANGKUMAN MODUL 7


BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017

NAMA : CATUR KISWANA PUTRA

NIM : 021812568


ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI 



MODUL 7: 

INOVASI DAN REPRESENTASI

Prof. Dr. H. Rusli Ramli, M.S.

PENDAHULUAN

Setelah Anda mempelajari modul tentang pengawasan sebagai salah satu fungsi manajemen maka fungsi lainnya yang harus kita ketahui adalah fungsi inovasi dan fungsi representasi. Walaupun banyak buku atau tulisan tentang manajemen kurang menonjolkan tentang inovasi dan representasi, namun Modul 7 ini akan menguraikan kedua fungsi tersebut secara lebih jelas. Fungsi inovasi merupakan salah satu fungsi yang sebenarnya sangat penting. Karena kedudukan sebagai seorang manajer dituntut untuk lebih kreatif dibandingkan dengan orang-orang lain yang bukan manajer. Seorang manajer juga dituntut untuk menjalankan kegiatan lainnya yaitu menjalin hubungan dengan kelompok luar, yang kesemuanya harus dilakukannya sebagai salah satu fungsi yang disebut fungsi representasi. Modul 7 akan membawa Anda memahami bagaimana fungsi inovasi dan fungsi representasi dijalankan dan memang harus dijalankan oleh para manajer.


Apabila modul keenam membahas tentang salah satu fungsi manajemen yaitu pengawasan maka dalam modul ini Anda akan dibawa kepada dua fungsi lainnya, yaitu inovasi dan representasi. Fungsi inovasi merupakan kegiatan manajer dalam rangka mengembangkan dan memajukan organisasi yang dipimpinnya terutama yang menyangkut hal-hal baru yang lebih kreatif, baik imitasi maupun penemuan-penemuan baru. Namun, fungsi representasi juga sebagai usaha para manajer mengembangkan dan memajukan organisasinya terutama dalam hubungan dengan kelompok luar organisasi yang dipimpinnya. Dengan kata lain, ia harus dapat mewakili organisasi yang dipimpinnya dalam melaksanakan hubungan dengan pihak-pihak di luar organisasinya.


Dengan memahami inovasi dan representasi sebagai fungsi-fungsi manajemen, akan memberikan kejelasan bahwa memimpin bukanlah suatu pekerjaan rutin, tetapi lebih dari itu dituntut suatu kreativitas yang dapat menghasilkan sesuatu yang baru atau meniru sesuatu yang telah ada tetapi belum digunakan oleh organisasi yang dipimpinnya. Fungsi representasi akan menunjukkan bahwa seorang manajer harus dapat menjadi duta atau mewakili organisasinya dalam berhubungan dengan kelompok luar. Dengan Modul 7 ini, berarti bahwa seluruh fungsi manajemen telah dibahas, sehingga pada Modul 8 akan dibahas tentang Teori dan Praktek Pembuatan Keputusan ke seluruh fungsi manajemen akan direfleksikan dalam teori dan praktek yang berkaitan dengan pembuatan keputusan.


Setelah mempelajari modul ini Anda dapat mengerti mengenai apa dan bagaimana fungsi inovasi maupun fungsi representasi.
Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pentingnya inovasi bagi kemajuan suatu kegiatan usaha.
2. Menjelaskan representasi sebagai salah satu fungsi manajemen.

KEGIATAN BELAJAR 1 : 
INOVASI DAN REPRESENTASI

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Mengapa inovasi diperlukan di dalam manajemen ?
2) Apa yang membedakan antara invention (penemuan) dan inovasi ?
3) Apa pula yang dimaksud dengan inovasi imitasi ?
4) Jelaskan apa yang dimaksud dengan kreativitas !

RANGKUMAN

Setiap pekerjaan manajerial yang baik akan selalu memberikan kesempatan bagi pengembangan inovasi. Seseorang tidak perlu menjadi seorang inventor jika ia hendak membuat suatu inovasi yang menguntungkan.


Pada masa sekarang dunia usaha dan industry lebih banyak berhubungan dengan inovasi apabila dibandingkan dengan masa lalu karena telah menjadi kenyataan bahwa perkembangan dari suatu usaha tergantung pada kesempatan dan penggunaan cara-cara baru dalam mengerjakan sesuatu. Dengan alasan ini maka banyak manajer yang telah menggunakan teknik-teknik yang mendorong orang untuk membebaskan diri dari kebiasaan berpikir lama dan mengusulkan ide-ide yang luar biasa.


Tetapi, seorang manajer tidak dapat menganggap dirinya sendiri sebagai seorang innovator karena ia telah mengeluarkan ide-ide baru, karena bagaimanapun bagusnya ide tersebut, tetap saja masih diperlukan suatu pengembangan yang lebih mendalam lagi. Pengembangan dari ide tersebut pun masih mempunyai banyak kemungkinan bahwa ide tersebut mengalami jalan buntu dalam pengembangannya.


Pengembangan produk, termasuk pula dalam hal produk yang benar-benar merupakan penemuan baru merupakan pusat perhatian dari perusahaan-perusahaan di masa sekarang ini, dan mereka terutama sekali tertarik untuk mendapatkan dan berusaha mempertahankan tenaga-tenaga yang kreatif. Telah diakui bahwa orang yang kreatif mungkin agak bersikap nonkonformis, setidak-tidaknya mereka tidak menyukai sesuatu yang bersifat rutin dan mereka terutama sekali tertarik untuk mengikuti ide mereka sendiri. Masalah yang timbul adalah bagaimana untuk mencari suatu keseimbangan antara hal ini dengan suatu organisasi yang kaku dari bagian penelitian dan pengembangan.


Ada beberapa orang yang menegaskan bahwa sebenarnya revolusi ide terutama sekali berasal dari penemuan-penemuan individual dan bahwa pendekatan kelompok yang digunakan dalam laboratorium individual mungkin akan mengurangi kreativitas. Bagaimanapun juga pendekatan kelompok mempunyai keuntungan-keuntungan yang dapat memberikan kemungkinan untuk melanjutkan langkah-langkah selanjutnya dengan lebih baik dalam penelitian simultan dan juga dapat menghasilkan suatu hasil yang lebih cepat serta merupakan salah satu cara di dalam menghadapi persaingan.


Bagaimanapun tidak terdapat suatu alasan yang pasti mengenai mengapa laboratorium industry tidak dapat memberikan kebebasan kepada peneliti sebanyak yang mereka butuhkan di dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tetapi, suatu hal yang dapat ditekankan adalah bahwa dari bagian penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan beberapa inovasi yang penting.

TES FORMATIF 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Apakah yang dimaksud sebagai suatu inovasi ?
A. penemuan suatu hal baru yang sebelumnya tidak diketahui dan tidak selalu dapat dimintakan paten.
B. pengembangan cara-cara baru dan lebih baik atau pengombinasian ide-ide lama dengan ide baru
C. mengambil ide dari bidang lain kemudian disesuaikan untuk digunakan dalam bidang kita
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Inovasi dapat merupakan ketiga jawaban A, B, dan C.

2) Inovasi tidak selalu berarti penemuan suatu produk baru yang dapat dimintakan paten. Inovasi yang tidak merupakan suatu penemuan (invention) adalah penemuan ...
A. mobil
B. aspek-aspek non ekonomis dalam hubungan para pekerja
C. telepon
D. bola lamps
Jawab : B
Inovasi dapat menyangkut aspek nonekonomi bukan merupakan suatu penemuan (invention).

3) Leonardo da Vinci mencoba untuk mengembangkan pesawat terbang dengan cara mempelajari cara burung terbang. Teknik yang ia gunakan adalah teknik ...
A. forced association C. brainstorming
B. morphological analysis D. bionics
Jawab : D
Mendasarkan pada prinsip-prinsip secara alami (dalam hal ini mendasarkan pada burung.

4) Innovative Imitation adalah ...
A. mengatakan inovasi yang sudah pernah digunakan orang pada masa lalu
B. menggunakan inovasi yang sudah tidak dapat dikembangkan lagi
C. mengawasi inovasi yang sedang dikembangkan oleh pihak lain dan apabila berhasil maka kita kemudian berusaha untuk membuat inovasi yang sama tersebut
D. menstimulasi orang lain untuk mengembangkan dan melakukan inovasi
Jawab : C
Innovative Imitation adalah meniru inovasi yang sedang dikembangkan orang lain untuk selanjutnya kita buat pula inovasi yang sama.

5) Teknik-teknik yang digunakan untuk menggali kreativitas tersembunyi, adalah teknik ...
A. brainstorming C. forced association
B. bionics D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Mendasarkan pada prinsip-prinsip hal ini mendasarkan pada brainstorming, teknik bionic’s dan teknik forced association dipakai untuk menggali kreativitas tersembunyi.

6) Yang dapat melakukan suatu inovasi dalam organisasi adalah ...
A. para manajer
B. para pekerja
C. bagian penelitian dan pengembangan (R & D)
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Semua unit dan semua orang yang ada dalam organisasi dapat berinovasi.

7) Tokoh yang memberikan suatu teori mengenai datangnya inspirasi secara tiba-tiba adalah ...
A. Ernest Dale C. Arthur Ibestler
B. P.B. Medawar D. William H. Whyte
Jawab : C
A. Koestler berpendapat bahwa inspirasi secara tiba-tiba merupakan hal yang penting untuk terjadinya inovasi.

8) Pendekatan tim (team approuch) yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mendorong kreativitas, akan berakibat ...
A. merugikan, karena terlalu banyak membutuhkan waktu, biaya, tenaga, dan tidak efisien sama sekali
B. menguntungkan, karena dapat menghasilkan ide-ide yang lebih banyak dan lebih baik daripada menggunakan pendekatan individual
C. sama saja dengan pendekatan individual
D. semua jawaban A, B, dan C salah
Jawab : B
Pikiran dari banyak orang akan lebih baik dari pikiran satu orang.

9) Suatu organisasi yang baik menurut William R Whyte adalah apabila ...
A. cukup hanya dapat berjalan dengan lancar saja
B. mampu untuk melakukan inovasi pada seluruh bagian manajemennya dan seluruh proses yang ada dalam organisasi tersebut
C. mampu untuk melakukan inovasi dan pengembangannya pada proses produksi
D. dapat memberikan gaji yang tinggi pada pekerja
Jawab : B
Menurut William A. Whyte organisasi yang baik adalah organisasi yang tidak takut melakukan inovasi dalam seluruh jajaran manajemennya.

10) George R. Terry berpendapat bahwa interaksi-interaksi yang terjadi dalam suatu kelompok dapat menghasilkan ide-ide yang lebih banyak dan lebih baik apabila dilakukan memakai cara pendekatan ...
A. kelompok dengan teknik brainstorming
B. kelompok dengan teknik morphological analysis
C. individual
D. individual dengan menggunakan teknik brainstorming
Jawab : A
Menurut G. R. Terry pendekatan kelompok dengan teknik brainstorming dapat membuat setiap anggota kelompok menstimulasi anggota lainnya sehingga menghasilkan ide-ide yang lebih banyak.

KEGIATAN BELAJAR 2 : 
PEMBENTUKAN BAGIAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Mengapa di dalam perusahaan diperlukan suatu bagian penelitian dan pengembangan ?
2) Apa yang membedakan penelitian dasar dan penelitian terapan ?
3) Masalah apa yang merupakan hal penting pada pengorganisasian bagian riset ?
4) Pertimbangan apa saja yang diperlukan untuk memilih proyek ?
5) Mengapa inovasi di dalam manajemen memerlukan keterlibatan setiap anggota perusahaan ? Mengapa tidak cukup hanya dengan mengandalkan bagian riset dan pengembangan ?

RANGKUMAN

Inovasi tidaklah harus berarti menemukan sesuatu yang baru (invention), tetapi dapat pula penerapan sesuatu yang telah ada pada organisasinya.
Pada masa sekarang dunia usaha dan industri lebih banyak menaruh perhatiannya di dalam inovasi, dibandingkan dengan beberapa tahun yang lampau. Perhatian ini tidak hanya diwujudkan dalam pembentukan bagian riset, tetapi juga dalam seluruh tingkat manajemen. Hal ini disebabkan oleh banyak bukti bahwa pertumbuhan sangatlah tergantung pada perubahan dan adopsi sesuatu yang baru ataupun cara di dalam melakukan sesuatu.


Suatu ide baru sering datang secara tiba-tiba, seperti inspirasi, proses mental ini kadang-kadang tidak dapat ditelusuri dengan jelas. Namun demikian, banyak kenyataan bahwa inspirasi lebih banyak timbul dari mereka yang telah terbiasa dengan suatu masalah sehingga dapat menilai serta menilai kembali adakah kemanfaatan dari ide atau inspirasi tadi untuk penyelesaian masalah yang biasa dihadapinya.


Seorang manajer tidak dapat beranggapan bahwa dirinya seorang innovator, hanya karena ia telah memberikan ide yang baru sebaik bagaimanapun, tetapi masih diperlukan pengembangan secara lebih terperinci sejauh mungkin dari idenya tadi.


Pengembangan produk termasuk pengembangan penemuan baru merupakan kepentingan utama bagi setiap perusahaan sekarang ? Inilah yang menyebabkan mengapa perusahaan-perusahaan pada masa sekarang ingin mempunyai ilmuwan dan teknisi yang kreatif.


Banyak pula pandangan bahwa ide yang bagaimanapun revolusionernya datangnya, adalah dari individu dan bukan dari bagian riset dan pengembangan. Berdasarkan pandangan ini maka sistem dan prosedur yang dapat menghidupkan iklim kreativitas dalam organisasi perlu diciptakan agar setiap individu dalam organisasi dapat berkreasi ke arah inovasi.

TES FORMATIF 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Penemuan mesin uap oleh James Watt merupakan hasil dari riset ...
A. laboratorium C. dasar
B. pasar D. terapan
Jawab : C
Pertama kalinya merupakan riset dasar, baru setelah itu ditemukan mesin uap.

2) Sikap seorang pimpinan perusahaan terhadap para penelitinya sebaiknya adalah sikap ...
A. kebapakan
B. memberi kebebasan kepada mereka untuk melakukan penelitian
C. menghalangi mereka dalam melakukan penelitian
D. menentukan apa yang harus mereka teliti
Jawab : D
Penelitian ini menyangkut segi biaya maka perusahaan perlu menentukan apa yang harus mereka teliti.

3) Jawaban tentang mana yang lebih penting antara riset dasar dengan riset terapan, adalah ...
A. keduanya penting
B. keduanya tidak penting
C. riset dasar yang lebih penting
D. riset terapan yang lebih penting
Jawab : A
Kedua-duanya penting, di samping juga tidak terdapat batas yang jelas antara keduanya.

4) Perusahaan lebih menyukai penelitian terapan, disebabkan ...
A. tidak diperlukan peneliti yang ahli
B. penelitian terapan tidak memerlukan biaya banyak
C. penelitian terapan menawarkan cara-cara yang lebih pasti dalam penciptaan produk baru
D. penelitian terapan lebih menguntungkan
Jawab : D
Penelitian terapan lebih menguntungkan (dapat dipasarkan langsung kepada masyarakat).

5) Fungsi bagian dari Research and Development (R & D) adalah ...
A. menyeleksi pegawai
B. memungkinkan perusahaan menghasilkan produk baru lebih dini dari perusahaan lain
C. melakukan pemasaran barang-barang produksi dari perusahaan sehingga dapat terjual dalam jumlah besar dan menguntungkan
D. mendapatkan para ahli riset yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Jawab : B
Fungsi research & development adalah menghasilkan produk baru dan sedapat mungkin yang belum pernah dibuat oleh perusahaan lain agar perusahaan tersebut mendapatkan lebih banyak keuntungan.

6) menerima penemuan yang berasal dari luar perusahaan akan mempunyai risiko ...
A. dapat dimarahi oleh perusahaan lain
B. peneliti yang dimiliki oleh perusahaan dapat minta berhenti karena merasa tidak dibutuhkan
C. penemuan belum tentu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan
D. dapat ditipu oleh penemu asing tersebut
Jawab : C
Penemuan yang berasal dari luar belum tentu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

7) Bagian riset sebaiknya ditempatkan dalam struktur organisasi dan berada ...
A. di bawah direktur riset yang benar-benar mampu dalam melakukan tugasnya
B. langsung di bawah direktur utama
C. di kantor pusat
D. di mana saja asal ruangannya bagus, memiliki AC, peralatan yang lengkap untuk melakukan penelitian
Jawab : A
Riset merupakan hal yang penting dalam perusahaan sehingga pimpinannya haruslah tingkat seorang direktur dan mampu menjalankan tugasnya.

8) Para peneliti tidak dapat diberikan kebebasan penuh dalam melakukan penelitian, karena ...
A. kalau diberi kebebasan penuh ada kemungkinan nanti mereka akan memberontak kepada pimpinan
B. ada kemungkinan apa yang mereka teliti tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan
C. karena sebagai orang yang digaji oleh perusahaan, maka perusahaan bebas mengekang mereka
D. sebagai bawahan mereka harus tunduk kepada atasan
Jawab : B
Kalau dibebaskan, terdapat kemungkinan bahwa apa yang diteliti bukanlah merupakan sesuatu apa yang diperlukan oleh perusahaan, serta akan menghabiskan waktu dan dana untuk hal yang sebenarnya bukan keperluan perusahaan.

9) Di dalam perusahaan sering terjadi banyak ide yang baik tidak dilaksanakan, karena ...
A. banyak ide yang tidak sampai kepada yang benar-benar membutuhkannya
B. yang berhak member ide hanyalah pimpinan
C. ide yang baik tidak boleh berasal dari para pegawai karena hal ini akan memerosotkan citra perusahaan di mata perusahaan lain
D. ide yang baik belum tentu benar
Jawab : A
Ide yang tidak selalu dapat didengar atau sampai kepada pihak yang mempunyai wewenang dalam riset.

10) Dari pernyataan di bawah ini maka yang paling menguntungkan bagi perusahaan adalah .....
A. menerima penemuan yang berasal dari dalam perusahaan karena hal ini akan meningkatkan kreativitas para penelitinya.
B. menerima penelitian dari luar perusahaan karena perusahaan tidak usah menggaji peneliti.
C. meniru penemuan saja sehingga tidak perlu membayar peneliti dalam perusahaan dan juga tidak usah membayar peneliti dari luar.
D. menerima penemuan dari dalam dan luar dan menerima penelitian dari luar tetapi diseleksi dulu apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.
Jawab : D
Menerima penemuan dari dalam dan dari luar organisasi, di samping juga menerima penelitian dari luar perusahaan dengan terlebih dahulu diseleksi akan membuat perusahaan dapat mengembangkan riset di samping juga mengikuti perkembangan yang terjadi di luar perusahaan.

KEGIATAN BELAJAR 3 : 
REPRESENTASI SEBAGAI USAHA MEMPERLUAS HUBUNGAN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Mengapa fungsi representasi diperlukan oleh manajemen ?
2) Dengan kelompok luar yang mana perlu dilakukan oleh manajemen ?
3) Dapatkah Anda memberikan contoh tentang seorang Direktur Utama Bank dalam berhubungan dengan kelompok luar ?
4) Berapa banyak waktu yang digunakan dalam menjalankan fungsi representasi ?
5) Mengapa perusahaan atau manajemen tidak dapat meninggalkan supplier atau leveransir ataupun financier ? Jelaskan serba singkat !
6) Apa yang dimaksudkan dengan hubungan masyarakat dan apa pula ideology manajemen ?

RANGKUMAN

Para manajer pada saat ini haruslah lebih banyak menyediakan waktu untuk melakukan hubungan dengan kelompok luar, apakah dengan masyarakat umum, pemerintah, serikat buruh, supplier, bank ataupun lembaga keuangan. Kegiatan semacam ini merupakan fungsi representasi. Walaupun tampaknya sederhana, tetapi fungsi ini agak sukar didelegasikan kepada bawahannya. Pengalaman menunjukkan bahwa kegiatan manajer bersifat mengadakan hubungan dengan kelompok luar, telah banyak menyita waktu dari para manajer. Namun, seperti telah diuraikan tanpa adanya hal semacam ini suatu perusahaan tidak dapat hidup atau beroperasi tanpa adanya hubungan-hubungan dengan kelompok luar apakah masyarakat, leveransir, pemerintah atau lembaga keuangan, Bank, dan sebagainya.

TES FORMATIF 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Kesulitan yang menimpa manajemen biasanya berasal dari lingkungan luar yang berupa produk dari .....
A. perusahaan swasta C. perusahaan asing
B. pemerintah D. pendapat umum
Jawab : D
Pendapat umum merupakan sesuatu yang dapat mempengaruhi masyarakat ataupun lingkungan di mana perusahaan tersebut beroperasi.

2) Serikat sekerja memerlukan dukungan masyarakat, terutama dalam usaha .....
A. menekan kehendak atau keinginan mereka
B. agar tidak mendapat tantangan dari masyarakat
C. menarik simpati masyarakat
D. ketiga jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Dengan adanya dukungan masyarakat, berarti masyarakat bersimpati atau tidak menentang terhadap apa yang sedang dituntut atau ingin dicapai oleh serikat sekerja.

3) Pucuk pimpinan atau top management pada umumnya memiliki pengaruh besar di dalam pembentukan pendapat umum dibandingkan dengan anggota masyarakat lainnya, karena .....
A. mereka mempunyai arti karena instruksinya dituruti oleh para bawahannya
B. mereka dapat membeli kolom / advertensi pada media massa
C. mereka mudah berbicara dan menemui pajabat-pejabat pemerintah
D. ketiga jawaban A, B, dan C benar
Jawab : A
Manajer pada tingkat pucuk pimpinan (top management) memang memiliki ketiga hal yang disebutkan pada jawaban A, B, dan C.

4) Walaupun manajer berpengaruh, tetapi ia harus membuat agar suaranya didengar, dan inilah yang merupakan fungsi representasi di mana ia harus .....
A. melakukan pembicaraan dengan langganan, bankir atau pejabat pemerintah
B. menolak berhubungan dengan serikat sekerja
C. menutup diri terhadap publikasi
D. menolak untuk duduk dalam asosiasi perusahaan sejenis
Jawab : A
Melakukan pembicaraan dengan langganan, banker atau pejabat pemerintah merupakan salah satu kegiatan dari fungsi representasi.

5) Fungsi representasi menjadi lebih penting karena bertumbuhnya atau meningkatnya usaha. Karena itu, para manajer tidak boleh mengabaikan .....
A. pendapat umum C. pemerintah
B. masyarakat D. ketiga jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Pendapat umum, masyarakat, dan pemerintah semuanya adalah satuan dimana fungsi representasi tersebut beroperasi.

6) Studi mengenai manajer yang menjalankan fungsi representasi dilakukan dengan .....
A. mempelajari jumlah waktu yang dihabiskan manajer untuk berhubungan dengan kelompok luar
B. mempelajari lamanya manajer bekerja di belakang mejanya
C. mempelajari tentang banyaknya surat yang harus dibalas oleh manajer
D. jawaban A, B, dan C salah
Jawab : A
Pengukuran yang sesuai untuk melakukan studi semacam ini adalah ukuran waktu yang dihabiskan oleh manajer untuk berhubungan dengan kelompok luar.

7) Perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan supplier dalam rangka :
A. tidak mengalami kenaikan harga
B. tidak menimbulkan persaingan
C. menjamin agar tidak terganggunya supply
D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : C
Bila supply terganggu dapat menyebabkan terhambatnya produksi.

8) Karena perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatan atau operasi yang terintegrasi maka perusahaan harus tetap mengadakan hubungan dengan .....
A. investor C. lembaga keuangan
B. bank D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab D
Pada umumnya perusahaan memiliki kesulitan untuk melakukan investasi secara besar-besaran maka perlu adanya kerja sama dengan investor, bank, atau lembaga keuangan.

9) Seorang pimpinan perusahaan sering berhubungan dengan analisis keuangan, karena analisis keuangan adalah petugas yang dipekerjakan oleh .....
A. penasihat investasi C. lembaga keuangan
B. makelar D. jawaban A, B, dan C benar
Jawab : D
Analis keuangan adalah orang yang dipekerjakan oleh para penasihat investasi, makelar ataupun lembaga keuangan untuk menganalisa kemajuan dan kelancaran perusahaan sebelum para investor atau pemilik modal memutuskan untuk menanam atau tidak menanam modal dalam perusahaan tersebut.

10) Di samping pentingnya teknik hubungan masyarakat, diperlukan juga adanya .....
A. ideologi manajemen yang tidak terlalu jauh kesenjangannya dengan ideologi masyarakat yang berubah
B. asosiasi perusakan sejenis
C. kerja sama antarperusahaan sejenis
D. ketiga jawaban A, B, dan C salah
Jawab : A
Ideologi manajemen juga merupakan pedoman bagi perusahaan di dalam menjalankan gerak atau memandang fungsi mereka dalam ekonomi maupun system sosial tempat perusahaan tersebut beroperasi.

DAFTAR PUSTAKA

Ernest Bale. (1972). Management Theory & Practice. New York : Mc. Graw Hill Book Company.
Harold Koontz and O’Donnell. (1967). Priciples of Management, terjemahan M. Ridwan dan Anwar. Jakarta : Rhatara.

0 komentar: