ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111) RANGKUMAN MODUL 3

 

BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

KAMI MAHASISWA UPBJJ YOGYAKARTA FISIP ILMU PERPUSTAKAAN S1 TAHUN 2017

NAMA : CATUR KISWANA PUTRA

NIM : 021812568


ALAMAT : Jl. WANAGAMA 1, BANARAN 2, Rt : 08 Rw : 02 BANARAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

BERIKUT DI BAWAH INI HASIL RANGKUMAN KAMI 



MODUL 3 

PERENCANAAN

Prof. Dr. H. Rusli Ramli, M.S.
Ir. Sri Yuniati Putri Koes Hardini, M.Si.

PENDAHULUAN

Setelah Anda mempelajari Modul 1 dan 2, dan mengerti tentang ruang lingkup manajemen serta sejarah dan permulaan manajemen ilmiah maka pada Modul 3 ini, akan dibahas tentang fungsi perencanaan (planning) yang merupakan salah satu fungsi fundamental dari manajemen. Fungsi perencanaan ini merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat menentukan karena di dalamnya termuat apa yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, serta langkah-langkah apa yang akan dan perlu dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam modul ketiga ini, akan dijelaskan mengenai pengertian perencanaan sebagai salah satu fungsi manajemen, klasifikasi atau bentuk-bentuk dan macam-macam perencanaan, serta factor-faktor yang menyebabkan kegagalan atau keberhasilan suatu perencanaan.
Dengan mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan sebagai salah satu fungsi manajemen maka Anda dapat mengerti bahwa fungsi perencanaan ini sangat menentukan keberhasilan suatu manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, terutama dalam menjaga agar segala sesuatu dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.
Di samping itu, penjelasan dalam modul ketiga ini merupakan dasar yang kokoh untuk memahami dan mempelajari fungsi-fungsi manajemen lainnya. Setelah mempelajari modul ketiga ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan fungsi perencanaan sebagai berikut 
1. Pengertian perencanaan manajemen dan pentingnya perencanaan dalam manajemen.
2. Klasifikasi perencanaan.
3. Menyusun perencanaan.

KEGIATAN BELAJAR 1
PERENCANAAN MANAJEMEN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Mengapa fungsi perencanaan merupakan landasan pokok bagi pelaksanaan fungsi manajemen lainnya ? Jelaskan jawaban Anda !
Jawab :
Sebab dalam suatu organisasi, tanpa memiliki perencanaan kegiatan tidak akan mungkin dapat dilakukan dengan baik sehingga fungsi-fungsi manajemen berikutnya juga tidak akan dapat berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi perencanaan merupakan fungsi terpenting dalam manajemen.

2) Apa yang dimaksud dengan perencanaan mempunyai dua titik pandang yang bersifat pesimis dan yang bersifat optimis ?
Jawab :
Titik pandang yang bersifat pesimis adalah titik pandang yang berdasarkan atas kepercayaan bahwa apa yang diinginkan oleh manajemen tidak selalu akan terjadi. Sedangkan yang bersifat optimis dalam manajemen, berdasarkan atas kepercayaan bahwa sesuatu dapat dilakukan dengan harapan bahwa yang diinginkan akan dapat terlaksana.

3) Jelaskan apa keuntungan dan kelemahan dari perencanaan !
Jawab :
Keuntungan-keuntungan perencanaan meliputi :
a. Perencanaan menyebabkan aktivitas dilakukan secara teratur dan dengan tujuan tertentu;
b. Perencanaan menyebabkan pekerjaan yang tidak produktif diperkecil atau dihilangkan;
c. Perencanaan dapat menjadi suatu alat pengukur hasil-hasil yang dicapai;
d. Perencanaan memberikan suatu landasan pokok untuk fungsi-fungsi lainnya, terutama fungsi pengawasan.
Sedangkan kelemahan perencanaan antara lain :
a. Perencanaan mempunyai keterbatasan dalam memperoleh informasi dan ketepatan fakta-fakta mengenai kondisi masa yang akan dating;
b. Perencanaan memerlukan biaya dan waktu yang cukup banyak;
c. Perencanaan mempunyai hambatan psikologis;
d. Perencanaan menyumbat atau menghambat timbulnya inisiatif;
e. Perencanaan menyebabkan terhambatnya tindakan-tindakan yang perlu diambil;
f. Perencanaan dapat melenyapkan perubahan;
g. Perencanaan dapat mengurangi fleksibilitas.

4) Apa yang diartikan dengan premis ?
Jawab :
Yang dimaksud dengan premis adalah asumsi atau anggapan dasar yang melatarbelakangi dan mempengaruhi perencanaan.

RANGKUMAN

Dalam suatu organisasi tanpa adanya fungsi perencanaan, fungsi-fungsi manajemen lainnya tidak akan ada artinya karena tanpa ada perencanaan tidak ada pekerjaan pengorganisasian, aktuasi (penggerakan), serta pengawasan. Oleh sebab itu, fungsi perencanaan menjadi landasan pokok bagi fungsi-fungsi manajemen lainnya.
Dengan adanya fungsi perencanaan, kegiatan-kegiatan dalam manajemen dapat dilakukan secara efisien dan efektif sehingga dapat membantu pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian perencanaan dapat dilihat sebagai fungsi manajemen, sebagai suatu keputusan, dan sebagai suatu proses.
Perencanaan dapat membantu para manajer dalam pengambilan keputusan dan melakukan suatu tindakan yang akan diambil.
Perencanaan memiliki keuntungan dan kelemahan, namun keduanya tidak mempengaruhi posisinya sebagai fungsi yang fundamental dalam organisasi.

TES FORMATIF 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Perencanaan dalam manajemen merupakan ...
A. suatu tindakan
B. fungsi fundamental yang penting
C. kegiatan coba-coba
D. kegiatan yang kurang menguntungkan
Jawab : B

2) Fungsi perencanaan dalam suatu pabrik dilakukan oleh seorang ...
A. pekerja biasa C. tukang cor
B. satpam D. supervisor / mandor
Jawab : D

3) Perencanaan dibuat / disusun berdasarkan pada ...
A. keinginan pribadi manajer.
B. keinginan para bawahan
C. kebutuhan dan kemampuan organisasi
D. fakta, kebutuhan, kemampuan, dan tujuan organisasi
Jawab : D

4) Salah satu premis perencanaan dalam kegiatan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa, adalah ramalan penjualan yang termasuk dalam perencanaan bidang ...
A. kepegawaian C. pemasaran
B. perkantoran D. keuangan
Jawab : C

5) Perencanaan merupakan ...
A. pekerjaan mental yang cukup berat dan bersifat intelektual
B. pekerjaan sehari-hari dari para manajer.
C. pekerjaan yang bersifat coba-coba.
D. pekerjaan yang memang harus dikuasai oleh setiap orang.
Jawab : A

6) Perencanaan produksi dalam suatu perusahaan merupakan tanggung jawab dari manajer ...
A. pemasaran C. personalia
B. keuangan D. pabrik
Jawab : C

Untuk mengerjakan soal nomor 7 pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah.

7) Faktor manusia merupakan factor yang paling sulit dihadapi dalam menyusun perencanaan.
Sebab
Perencanaan merupakan tanggung jawab pimpinan dalam suatu perusahaan.
Jawab : B

8) Fungsi manajemen yang sangat erat kaitannya dengan fungsi perencanaan adalah fungsi ...
A. aktuasi C. pengawasan
B. pengorganisasian D. inovasi
Jawab : C

Untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10 pilihlah :
A. jika jawaban 1 dan 2 benar
B. jika jawaban 1 dan 3 benar
C. jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar.

9) Definisi perencanaan yang tidak menekankan sebagai suatu proses, berbunyi sebagai berikut :
1. Planning is the process of selecting and developing the best course to accomplish an objective.
2. Planning is deciding in advance what to be done, that is a plan, it is projected a course of action.
3. Planning is the function whereby executive anticipate the probable effects of forces that will change the activities and objective of their business.
Jawab : D

10) Perencanaan erat kaitannya dengan masa yang akan dating dan penuh dengan ketidakpastian. Untuk memperkecil ketidakpastian ini, dapat digunakan premis-premis perencanaan yang penggunaannya tergantung pada ...
1. kepandaian 3. Pengalaman
2. pengamatan
Jawab : A

KEGIATAN BELAJAR 2
KLASIFIKASI PERENCANAAN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Jelaskan ada berapa macam perencanaan !
2) Apa yang membedakan antara perencanaan strategis dan perencanaan taktis ?
Jawab :
Yang membedakan perencanaan strategis dan perencanaan taktis adalah bahwa perencanaan strategis masuk dalam perencanaan jangka panjang, sedangkan perencanaan taktis termasuk dalam perencanaan jangka pendek.

3) Siapa saja yang terlibat dalam perencanaan strategis ?
Jawab :
Yang terlibat dalam perencanaan strategis adalah para manajer puncak.

4) Siapa pula yang terlibat dalam penyusunan / proses perencanaan taktis ?
Jawab :
Yang terlibat dalam penyusunan perencanaan taktis adalah para pimpinan unit.

RANGKUMAN

Terdapat banyak macam perencanaan, yaitu perencanaan strategic, taktis, jangka panjang, jangka pendek, umum, spesifik, sekali pakai, dan tetap. Perencanaan strategis dan perencanaan taktis sangat diperlukan dalam pelaksanaan perencanaan. Biasanya perencanaan strategis termasuk dalam perencanaan jangka panjang, sedangkan perencanaan taktis termasuk dalam perencanaan jangka pendek.


Perencanaan strategis berkenaan dengan persoalan yang mendasar (fundamental) dan perspektif yang luas, sedangkan perencanaan taktis berkenaan dengan penentuan penggunaan sumber-sumber yang paling efisien untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan. Dalam pelaksanaan perencanaan ini, semua manajer melaksanakan perencanaan mulai dari tingkat atas, menengah, sampai tingkat bawah. Dalam pelaksanaan perencanaan, perlu juga diketahui oleh setiap manajer tentang beberapa kemungkinan penggunaan strategi yang dapat membantu para manajer.


Satu hal yang cukup penting dan besar peranannya dalam melaksanakan perencanaan adalah pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan partisipasi karena dengan adanya partisipasi ini, dapat diperoleh beberapa manfaat, antara lain hubungan antarmanusia (human relation) dapat menjadi baik dan menunjang tumbuhnya semangat serta keberhasilan bagi suatu rencana oleh semua anggota dalam suatu kelompok.


Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang sangat diperlukan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa perencanaan jangka pendek adalah perencanaan yang dibuat untuk jangka waktu kurang dari 3 tahun, sedangkan perencanaan jangka panjang adalah perencanaan yang dibuat untuk jangka waktu lebih dari 3 tahun.


Umumnya, karena perencanaan dan ramalan yang menjadi dasar memerlukan biaya yang cukup mahal, suatu perusahaan mungkin tidak akan membuat rencana untuk suatu jangka yang lebih lama dari pada yang secara ekonomis dapat dipertanggungjawabkan, tetapi untuk membuat rencana jangka pendek mempunyai risiko, jawaban logis mengenai hal ini terletak pada prinsip dari komitmen, yaitu bahwa periode waktu (time periods) yang tercakup oleh perusahaan, sebaiknya cukup untuk memenuhi ikatan-ikatan manajerial (managerial commitments) yang ada.


Perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang, memerlukan waktu (time), usaha-usaha (efforts), dan uang (money). Tanpa ini maka tidak ada hasil yang akan diperoleh.

TES FORMATIF 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Rencana jangka pendek yang disusun tanpa menunjukkan hubungan dengan perencanaan jangka panjang, merupakan ...
A. suatu kesalahan yang serius
B. wajar, karena ramalan sering tidak tepat
C. suatu hal yang dapat mempermudah pelaksanaan
D. suatu hal yang tidak ada hubungannya.
Jawab : A

2) Komitmen-komitmen banyak menentukan pada periode perencanaan, komitmen di sini memiliki arti ...
A. kesepakatan organisasi C. risiko-risiko manajemen
B. ikatan-ikatan manajemen D. kesepakatan individu
Jawab : A

3) Investasi modal yang dilakukan oleh suatu perusahaan termasuk dalam ...
A. perencanaan jangka panjang C. kegiatan rutin perusahaan
B. perencanaan jangka pendek D. aktivitas pekerja
Jawab : A

4) Ramalan penjualan (sales forecasts) termasuk dalam ...
A. perencanaan jangka panjang C. kebijakan penjualan
B. perencanaan jangka pendek D. investasi perusahaan
Jawab : D

Untuk mengerjakan soal nomor 5, 6, dan 7 pilihlah :
A. jika jawaban 1 dan 2 benar
B. jika jawaban 1 dan 3 benar
C. jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

5) Perencanaan jangka pendek dibuat untuk jangka waktu ...tahun
1. 1 3. 4
2. 2
Jawab : B

6) Kunci penting suksesnya pelaksanaan semua perencanaan dalam suatu perusahaan adalah ...
1. otoritas manajer
2. kemampuan para staf.
3. Partisipasi anggota manajemen
Jawab : A

7) Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang memerlukan ...
1. waktu 3. Uang
2. usaha-usaha
Jawab : A

KEGIATAN BELAJAR 3
MENYUSUN PERENCANAAN

LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !

1) Hal penting apakah yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan ?
Jawab :
Ada 7 hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan, yaitu adanya :
a) Sasaran (objective);
b) Kebijakan (policy);
c) Prosedur standard / ukuran baku (standard procedure);
d) Metode (method);
e) Anggaran (budget);
f) Program;
g) Proyek.

2) Dapatkah Anda membedakan objective (sasaran) dengan policy (kebijakan) ? Demikian pula dengan prosedur dan metode !
Jawab :
Beda antara objective (sasaran) dengan policy (kebijakan) adalah objective (sasaran) merupakan bentuk khusus dari tujuan, sedangkan policy (kebijakan) adalah pernyataan umum tentang perilaku dari organisasi dalam menentukan pedoman pengambilan keputusan penggunaan sumber-sumber yang diperlukan.
Beda antara prosedur dengan metode adalah, prosedur menggambarkan urut-urutan yang bersifat kronologis dari suatu tindakan, sedangkan metode adalah cara menyelenggarakan suatu prosedur.

3) Ada berapa macam klasifikasi kebijakan dalam suatu perusahaan ? Jelaskan !
Jawab :
Kebijakan diklasifikasikan menjadi berikut ini
a. Kebijakan produksi (production policies)
b. Kebijakan penjualan (sales policies)
c. Kebijakan keuangan (financial policies)
d. Kebijakan personalia (personnel policies)

4) Apa perlunya dan keuntungannya penggunaan standard dalam perencanaan ?
Jawab :
Dengan menggunakan standard dapat diketahui apakah yang sudah dikerjakan sesuai atau tidak dengan standard, keuntungannya adalah produk yang diinginkan sesuai dengan standar.

RANGKUMAN

Sebelum dibuat suatu perencanaan manajerial, perlu diketahui terlebih dahulu langkah utama dalam mengambil keputusan yang meliputi 8 cara, yaitu sebagai berikut :
1. Perumusan masalah
2. Identifikasi sasaran
3. Analisis dan menggolongkan informasi
4. Identifikasi peluang dan hambatan perencanaan
5. Menentukan alternative
6. Memilih alternative
7. Implementasi
8. Evaluasi
Hasil dari perencanaan adalah rencana. Dalam menyusun rencana, beberapa hal yang perlu diketahui antara lain :
1. Sasaran (objective),
2. Kebijakan (policy),
3. Prosedur standard / ukuran baku (standard procedure),
4. Metode (method),
5. Anggaran (budget),
6. Program
7. Proyek
Ketujuh hal tersebut digunakan bagi perencanaan untuk mencapai tujuan organisasi / perusahaan yang telah ditetapkan. Dengan adanya rencana maka pelaksanaan pekerjaan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Jenis-jenis rencana yang ada dalam suatu perusahaan saling bergantungan satu dengan lainnya dan merupakan satu kesatuan.
Pembentukan unit perencanaan dalam suatu perusahaan sangat membantu efektivitas pelaksanaan perencanaan manajerial.

TES FORMATIF 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1) Semua perencanaan yang dibuat atau disusun dimulai dengan penentuan ...
A. budget C. strategi
B. tujuan D. personalia
Jawab : B

2) Tujuan dirumuskan oleh pimpinan tingkat atas, berdasarkan penilaian ...
A. keadaan personalia perusahaan
B. struktur organisasi
C. ekonomi, social, dan politik
D. kondisi ekonomi perusahaan
Jawab : C

3) Menentukan lokasi pabrik merupakan kebijakan ...
A. produksi C. personalia
B. keuangan D. penjualan
Jawab : A

Untuk mengerjakan soal nomor 4, 5, 6 dan 7, pilihlah :
A. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar dan mempunyai hubungan sebab akibat.
B. Apabila pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
C. Apabila salah satu dari kedua pernyataan benar.
D. Apabila kedua pernyataan salah 

4) Jenis-jenis rencana merupakan bagian yang terpisah-pisah
Sebab
Rencana jangka panjang terbatas penggunaannya
Jawab : D

5) Kegiatan mengiklankan barang atau produk melalui televise termasuk kebijakan penjualan.
Sebab
Setiap kegiatan periklanan, memerlukan perencanaan keuangan (budget)
Jawab : B

6) Investasi modal yang dilakukan oleh suatu perusahaan termasuk dalam perencanaan jangka panjang.
Sebab
Perencanaan untuk jangka waktu dua tahun termasuk perencanaan jangka pendek.
Jawab : B

7) Untuk mengetahui sampai seberapa jauh hasil yang diinginkan sesuai dengan yang telah ditetapkan, dapat dilihat pada rencana standard.
Sebab
Budget selalu ada pada setiap perencanaan
Jawab : B

Untuk mengerjakan soal nomor 8, 9, dan 10 pilihlah :
A. Jika jawaban 1 dan 2 benar
B. Jika jawaban 1 dan 3 benar
C. Jika jawaban 2 dan 3 benar
D. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

8) Tahapan perencanaan yang masuk dalam rencana tetap adalah ...
1. objective. 3. Policy
2. program
Jawab : B

9) Kunci penting suksesnya pelaksanaan semua perencanaan dalam suatu perusahaan adalah ...
1. otoritas manajer
2. kemampuan para staf
3. Partisipasi anggota manajemen
Jawab : D

10) Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang memerlukan ...
1. waktu 3. Uang
2. usaha-usaha
Jawab : A

DAFTAR PUSTAKA

Dale, Ernest (1969) Management : Theory & Practice. New York : Mc. Graw Hill Company
Handoko, H. (1999). Manajemen. Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta.
Robbins, P Stephen dan Coulter, M. (2005). Management. New Jersey : Pearson Prentice Hall.
Winardi. (1970). Asas-asas Manajemen. Bandung : Penerbit Alumni




Laman

http://management.about.com/cs/generalmanagement/a/Management101.htm

0 komentar: